Beranda News Pilgub Lampung KPU Lampung Sosialisasikan Pileg dan Pilgub

KPU Lampung Sosialisasikan Pileg dan Pilgub

191
BERBAGI
Firman Seponada
Firman Seponada

Mas Alina Arifin | Teraslampung.com

Bandarlampung—Anggota KPU Lampung Firman Seponada menyatakan, selama ini sosialisasi pemilihan umum sudah dilakukan oleh  relawan demokrasi. Sedangkan pemilihan gubernur lewat bantuan media melalui  countdown (hitung mundur). KPU Lampung berharap para penghubung (LO) cagub  untuk ikut menyosilisasikan  pilgub.

Menurut Firman, para relawan demokrasi  berasal dari kelompok perempuan dan ada dari kelompok mahasiswa sebagai pemilih pemula serta  kelompok keagamaan.  “Selama ini KPU memberikan mereka  pembekalan  untuk pemilu cerdas,” kata Firman, Kamis (20/3).

Firman mengatakan, berdasarkan kebijakan nasional,  kampanye pemilu legislatif mulai 16 maret sampai 5 April 2014. Sedangkan kampanye Pilgub hanya 13 hari, mulai 23 Maret  sampai 5 April 2014.

“Lokasi kampanye dibagi-bagi. Para caleg tidak boleh ‘beririsan’ atau bertabrakan jadwal dan tempat kampanye. Kampanye harus berdasarkan daerah pemilihan. Lokasinya ditentukan oleh KPU kabupaten/kota.  Sedangkan untuk Pilgub pada 23 Maret adalah penyampaian visi misi,” kata dia.

Firman mengakui  sampai saat ini berkampanye terbuka masih sepi. Firman mensinyalir hal itu disebabkan parpol tidak sanggup berkordinasi untuk menggelar rapat umum yang menggunakan dana cukup besar.

Berdasarkan data KPU, Dengan daerah pemilihan ada 77 secara nasional dan di Lampung ada 2 dengan basis kampanye adalah provinsi. Sepinya kampanye terbuka tidak hanya terjadi di Lampung, tetapi hampir di semua daerah di Indonesia. Para caleg memiliki langsung “blusukan” menemui masyarakat dari pintu ke pintu.

KPU Lampung menetapkan  Daftar Pemilih Tetap (DPT)   pemilih Pilgub dan Pileg  adalah 5 . 877.214 pemilih  pada 14 januari lalu. Selanjutnya KPU  akan melakukan  validasi ulang lagi tentang jumlah pemilih tersebut dalam waktu dekat.

“Insya Allah nanti malam (Kamis, 20/3) validasi DPT sudah selesai,” kata Firman.

Loading...