Beranda News Pilbup KPU Lampura Targetkan Besok Seluruh Logistik Pilgub dan Pilbup Tiba di TPS

KPU Lampura Targetkan Besok Seluruh Logistik Pilgub dan Pilbup Tiba di TPS

446
BERBAGI
Petugas sedang mengangkut logistik Pilkada yang akan didistribusikan kepada 23 di Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–KPU Lampung Utara menargetkan seluruh logistik untuk Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati akan sampai ke masing – masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Selasa (26/6/2018).

“Logistik Pilkada serentak sudah mulai didistribusikan hari ini. Targetnya, logistik Pilkada sudah sampai kepada seluruh TPS yang ada,” kata Ketua KPU Lampura, Marthon, Senin (26/6/2018).

Marthon mengatakan, logistik Pilkada kali ini mencapai 1.137 kotak suara dan akan didistribusikan kepada 23 kecamatan yang ada. Adapun jumlah surat suara yang dipersiapkan mencapai 418.420 surat suara dan ditambah dengan 2,5 persen surat suara.

“Ada 1.137 kotak suara ditambah dengan 6 kotak suara untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat melakukan rekapitulasi hasil pemilihan,” jelasnya.

Marthon juga mengatakan, terdapat sedikit perbedaan dalam proses rekapitulasi hasil perolehan suara di TPS pada Pilkada kali ini. Saat ini, petugas yang berhak untuk merekapitulasi perolehan suara hasil pencoblosan di tiap TPS hanyalah PPK.

“Jadi kali ini PPS enggak merekapitulasi hasil penghitungan suara karena itu menjadi tugasnya PPK,” jelas dia.

Tugas PPS pada Pilkada kali ini, masih kata Marthon, sifatnya hanya memfasilitasi dan menerima serta menyampaikan hasil penghitungan suara kepada PPK. PPS juga melampirkan formulir C1 yang memiliki tanda hologram ke dalam amplop untuk digunakan PPK saat melakukan rekapitulasi.

“Formulir C1 yang berhologram akan dimasukan ke dalam kotak suara untuk bahan PPK melakukan rekapitulasi di tingkat PPK,” urainya.

Ia mengingatkan kepada setiap Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk langsung menyampaikan formulir C1 kepada KPU Lampura. Sebab, C1 ini akan digunakan pihaknya dalam hitung cepat dalam Pilkada.

Formulir C1 ini akan kami scan untuk melakukan hitung cepat. Jadi, hari itu juga harus selesai di tingkat KPPS,” tegas dia.

Loading...