Beranda News Covid-19 KPU Lamsel: Bakal  Paslon Positif Covid-19 Tidak Hambat Pencalonan

KPU Lamsel: Bakal  Paslon Positif Covid-19 Tidak Hambat Pencalonan

468
BERBAGI
Antoni Imam membagikan nasi kotak kepada warga masyarakat Lampung Selatan yang terdampak merebaknya kasus virus corona, Sabtu (28/3/2020). Kelompok masyarakat yang terdampak secara ekonomi menurut Antoni adalah para buruh atau pekerja lepas.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN–Hasil tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) Rumah Sakit Umum Abdul Moeleok (RSUAM) terhadap Bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Lampung Selatan, Antoni Imam yang  dinyatakan postif Covid-19, tidak akan menghambat proses pendaftaran di KPU Lampung Selatan dan pencalonan sebagai Bakal pasangan calon (Bapaslon).

Diketahui, sesuai jadwal yang ditentukan, Bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah Lampung Selatan, Tony Eka Candra dan Antoni Imam akan mendaftar di kantor KPU Lampung Selatan siang ini, Sabtu (5/9/2020) sekitar pukul 14.00 WIB.

“Meski hasil tes Swab PCR salah satu Bapaslon dinyatakan postif Covid-19, proses pendaftarannya tetap bisa dilakukan oleh salah satu dari Bapaslon,”kata Komisioner KPU Lampung Selatan, Mislamudin kepadateraslampung.com, Sabtu (5/9/2020).

Mislamudin mengatakan, Bapaslon yang hasil tes Swab PCR-nya dinyatakan positif Covid-19, pastinya tidak diperbolehkan datang ke KPU untuk proses pendaftaran langsung. Jadi, hanya Bapaslon yang hasil tes Swab PCR-nya Negatif yang datang ke KPU untuk proses pendaftaran tersebut.

“Bapaslon hasil Swab PCR-nya positif Covid-19, tidak diperkenankan datang. Terkait ketidakhadiran dari salah satu Bapaslon yang dinyatakan posiif tersebut, nantinya akan dituangkan dalam berita acara saat pendaftaran,”ujarnya.

Aturan kewajiban untuk melakukan tes swab PCR kepada semua Bapaslon tersebut, kata Mislamudin, yakni tertuang dalam Peraturan KPU nomor  10 Tahun 2020 yang merupakan perubahan dari PKPU nomor  6 Tahun 2020.

Dikatakannya, untuk proses penelitian Bapaslon atau salah satu Bapaslon yang hasil tes Swab PCR-nya positif Covid-19, masih bisa dilakukan yakni dengan memanfaatkan teknologi informasi menggunakan layanan fasilitas video conference.

“Ada beberapa hal yang memang harus ditandatangani Bapaslon saat pendaftaran seperti berita acara pendaftaran, tanda terima dan TT 1 KWK. Karena salah satu Bapaslon dinyatakan positif Cofid-19, maka cukup salah satu Balon Paslon atau bisa diwakilkan juga oleh LO-nya,”ungkapnya.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan, Ansurasta Razak menyatakan, berkas pendaftaran dua pasangan bakal calon kepala daerah (Bacakada) Lampung Selatan yang mendaftar di hari pertama dibukanya pendaftaran Pilkada serentak 9 Desember mendatang pada Jumat (4/9/2020) kemarin dinyatakan lengkap.

“Kita sudah cek seluruh syarat yang harus disampaikan, dan untuk dua bakal calon paslon pasangan Nanang-Pandu serta Hipni-Melin yang sudah mendaftar kemarin dinyatakan lengkap,”ujarnya.

Ansurasta mengatakan, terkait hasil swab PCR pasangan Bacakada Nanang Ermanto-Pandu Kusuma Dewangsa yang pada saat mendaftar Jumat pagi kemarin belum keluar, sudah diserahkan ke KPU sore harinya. Begitu juga dengan hasil Swab PCR Bacakada Hipni-Melin yang saat mendataftar Jumat siang kemarin, telah diserahkan ke KPU Jumat sore kemarin.

“Untuk hasil tes Swab PCR kedua Bacakada Lamsel yang telah mendaftarkan diri pada hari pertama pendaftaran Jumat kemarin, hasil kedua Bacakada negatif Covid-19 dan hasil tes Swab PCR-nya sudah diserahkan kepada kami sore kemarin,”jelasnya.

Selanjutnya terkait dengan jadwal pendaftaran Balon Paslon Tony Eka Candra-Antoni Imam yang akan dilakukan hari ini, Sabtu (5/9/2020). Ansurasta mengungkapkan, sesuai dengan jadwal yang disampaikan oleh LO dari Bapaslon tersebut tetap sesuai jadwal mendaftar ke KPU siang ini sekitar pukul 14.00 WIB.

“Sesuai dengan jadwal yang disampaikan oleh LO Balon Paslon Toni-Antoni, tetap dilaksanakan siang hari ini pendaftarannya. Akan tetapi, pendaftaran tersebut tidak akan dihadiri Antoni Imam sebagai Balon Wakil Paslon, dikarenakan hasil tes Swab PCR-nya positif Covid-19,”pungkasnya.

Loading...