Beranda News Pilgub Lampung KPU: Partisipasi Pemilih Pilgub Lampung 2018 Turun 4 Persen

KPU: Partisipasi Pemilih Pilgub Lampung 2018 Turun 4 Persen

399
BERBAGI
Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono

TERASLAMPUNG.COM — Partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2018 menurun empat persen dari Pilgub Lampung 2018. Pada Pilgub Lampung Lampung 2014, partisipasi pemilih mencapai 76 persen, sedangkan Pilgub Lampung sebesar 72 persen.

“Pada pilgub tahun 2018 KPU Lampung menargetkan tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih sebesar 77,5 persen. Sebab itu, kami menggelar  berbagai macam bentuk sosialisasi kepada pemilih. Misalnya sosialisasi melalui grebek pasar di pasar – pasar di 15 kabupaten/kota se-Lampung,” kata Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono, usai memimpin rapat pleno rekapitulasi suara Pilgub Lampung 2018, di Hotel Novotel,Bandarlampung,  Minggu (8/7/2018).

Nanang mengaku, kepada pemilih pemula pihaknya juga intens melakukan sosialisasi dengan cara mendatangi SMA/SMK.

“Pada Pilgub 2014, hal seperti itu tidak ada karena saat itu Pilgubbersamaan dengan pileg dan pilpres. Saat itu, perbedaan (persepsi) antara KPU dan Gubernur (Sjachroedin ZP) juga selalu menjadi berita,” imbuhnya.

Nanang Trenggono meminta pada masa Pemilu 2019 mendatang partai politik dan para calon legislatif juga aktif menyosialisasikan pemilu agar tingkat partisipasi masyarakat meningkat.

Sementara itu,  Ketua Bawaslu Lampung Fathikatul Khoiriah memberikan masukan ke KPU agar mereka yang memilih menggunakan KTP atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dimasukan pada Pileg dan Pilpres.

“Saya memberi masukan ke KPU agar DPTB yang cukup besar jumlahnya sebanyak 115 ribu orang untuk dimasukan pada pileg dan pilpres,” katanya.

Dandy Ibrahim

Loading...