Beranda News Pilbup KPU: Pemenang Pilbup Lampura akan Diketahui pada 4 Juli 2018

KPU: Pemenang Pilbup Lampura akan Diketahui pada 4 Juli 2018

784
BERBAGI
Ketua KPU Lampung Utara, Marthon menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di balik insiden 'pengusiran' dan pelarangan wartawan saat hendak meliput prosesi pengundian nomor urut calon Bupati
Ketua KPU Lampung Utara, Marthon menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di balik insiden 'pengusiran' dan pelarangan wartawan saat akan meliput prosesi pengundian nomor urut pasangan calon bupati-calon wakil bupati, Selasa (13/2/2018).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — KPU Lampung Utara memperkirakan pemenang dalam Pemilihan Bupati Lampung Utara sudah dapat diketahui pada Rabu besok (4/7/2018). Sebab, proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) diperkirakan akan selesai pada hari itu.

“Besok kami sudah‎ mulai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Mungkin satu hari selesai sehingga bisa dilanjutkan dengan penetapan kepala daerah terpilih hasil Pilbup Lampura,” terang Ketua KPU Lampura, Marthon, Selasa (3/7/2018).

‎Marthon menjelaskan, apa yang akan mereka lakukan ini jangan dianggap sebagai langkah untuk mempercepat proses penetapan kepala daerah terpilih. Sesuai jadwal yang ada, proses rekapitulasi dan penetapan kepala daerah terpilih dimulai sejak tanggal 4 hingga 6 Juli.

“Kalau memang bisa selesai satu hari, ya kenapa tidak dilanjutkan ke tahap penetapan. Tapi sekali lagi, ini hanya perkiraan saja,” terangnya.

Ia menuturkan, sebelum melakukan rekapitulasi hasil Pilbup Lampura, pihaknya akan terlebih dulu merekapitulasi hasil Pilgub. Setelah selesai baru proses rekapitulasi Pilbup ‎dapat dilakukan.

Marthon ‎menjelaskan jika nantinya terdapat protes dari perwakilan peserta Pilbup saat proses rekapitulasi berlangsung, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk segera menyelesaikan. Namun, jika masih juga keberatan, perwakilan pasangan peserta Pilkada dapat mengisi formulir keberatan yang telah disediakan.

“Kalau masih juga keberatan, perwakilan pasangan calon dapat mengisi formulir keberatan yang telah disediakan,” paparnya.

Sebelumnya, pasangan Calon Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan Budi Utomo (Abdi) mengklaim menjadi pemenang dalam Pemilihan Bupati Lampung Utara kali ini dengan perolehan suara 158.045 atau 49.03 persen.

Klaim ini berdasarkan hasil penghitungan sebenarnya (real count) dari seluruh formulir C1 yang dipegang oleh para saksi mereka di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dari formulir C1 itu juga diketahui jika pasangan Calon Bupati Zainal Abidin dan M.Yusrizal meraup 102.899 suara. Sementara pasangan Calon Bupati Aprozi Alam dan Ice Suryana hanya meraih 51.689 suara.

Loading...