KPU Waykanan Sosialisikan Pilkada pada Acara Persami

Bagikan/Suka/Tweet:
Sosialisasi pilkada yang dilakukan KPU Waykanan bagi anggota Pramuka Pandega di SMAN 1 Negeri Besar, Waykanan, Minggu (11/1). Sosialisasi dilakukan bersamaan perkemahan Sabtu-Minggu yang digelar KPU Waykanan bersama Panwaslu dan SMAN 1 Negeri Besar.

WAYKANAN, Teraslampung,com — Sebanyak 350-an Pramuka Pandega (terdiri atas siswa SLTA) di Kecamatan Negeri Besar ikut berpartisipasi dalam Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan di lapangan SMAN 1 Negeri Besar,  31 Oktober hingga  1 November 2015.

Hadir dalam Kegiatan perkemahan tersebut komisioner KPU Way Kanan Erwan Bustami, Refky Dharmawan, Darul Hafidz, Sukindra, dan beberapa relawan demokrasi. Antara lain  Disisi Saidi Fatah, Rahmad Sidik, Asep dan tim kampanye pasangan calon nomor urut 1 dan 2 serta PPK, PPS di kecamatan setempat.
 
Erwan Bustami, komisioner KPU Waykanan yang membidangi Pokja Sosialisasi, mengatakan banyak hal yang disampaikan kepada para anggota  Pramuka, khususnya bagi mereka pemilih pemula. Salah satunya tentang bagaimana cara menggunakan  hak pilih.

“Kami berharap agar anak-anak ini yang sudah bisa mempergunakan hak pilih, bisa ikut berperan aktif dalam hal menyosialisasikan pilkada serta ikut bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pilkada yang digelar pada Desember mendatang,” jelasnya.

Pimpinan Panwaslu Way Kanan 2005 dan 2008 tersebut menambahkan Pramuka sebagai organisasi kepanduan harus mampu mengedepankan pendidikan watak dan kepribadian, disiplin, dan kepemimpinan.  Selain itu juga harus mampu menumbuhkan semangat jiwa patriotik dan semangat jiwa bela negara berdasarkan nilai yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka.
 
Secara keseluruhan acara persami berjalan dengan lancar dan sukses, sebelum api unggun dinyalakan pada pukul 00:00 tersebut ditampilkan beberapan pentas seni dari peserta dan kegiatan tersebut merupakan acara penutup perkemahan.

Sementara itu salah satu relawan demokrasi, Disisi Saidi Fatah, mengatakan bahwa peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yang dikemas dalam Persami.            

 “Alhamdulillah akhirnya sampai juga di Negeri Besar, walaupun perjalanan panjang yang memakan waktu kurang lebih 4 jam dan jalan yang begitu penuh tantangan tetapi semangat menuju kecamatan negeri besar tetap berkibar. Begitu sampai di lokasi kami di sambut ramai oleh peserta  dan masyarakat negeri besar,” katanya,

“Ini yang namanya my trip my edventure, perjalanan yang penuh tantangan tetapi begitu penuh keceriaan, semangat, dan penuh pelajaran. Ini adalah perjuangan demi waykanan semoga angka golput berkurang dan masyarakat Waykanan mendapatkan pemimpin yang berkualitas dan peduli rakyat,” imbuhnya.

 Nurul Huda, anggota PPK Negeri Besar yang juga salah satu pembina Pramuka, menegaskan  anggota Pramuka juga dapat difungsikan sebagai corong sosialisasi di masyarakat.

“Minimal mereka dapat mengajak kepada teman, saudara dan orangtuanya agar datang ke TPS, namun urusan pilihan terserah mereka. Kami menginginkan anggota Pramuka di kecamatan Negeri Besar ini dapat bermanfaat bagi orang banyak.Pramuka siap untuk mensukseskan Pilkada Way kanan 9 Desember  mendatang. Pramuka sering kali menjadi relawan dalam kegiatan apa pun tanpa memikirkan uang,”katanya.