Beranda News Pemilu 2019 Kritik Penyelenggaraan Pemilu 2019, KAMMI Lampung Sambangi Kantor KPU

Kritik Penyelenggaraan Pemilu 2019, KAMMI Lampung Sambangi Kantor KPU

456
BERBAGI
Massa KAMMI berunjuk rasa di depan Kantor KPU Lampung.

TERASLAMPUNG.COM — Sejumlah aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor KPU Lampung, Jl. Gatot Subroto Bandarlampung, Senin, 29 April 2019.

Setelah berorasi di depan Kantor KPU, merkea kemudian ditemui Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono. Selain Nanang, komisioner KPU Lampung lainnya juga hadir: Tio Aliansyah, Sholihin, dan Erwan.

KAMMI Lampung menilai banyak hal yang harus dievaluasi dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Meskipun tingkat partisipasi mayarakat tinggi, kata KAMMI, tetapi banyak tudingan miring diarahkan ke KPU. Selain soal netralitas KPU, banyaknya petuggas KPPS yang meninggal juga menjadi sorotan KAMMI.

“Kami menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya ratusan petugas KPPS. Mereka bekerja di luar batas normal. KPU juga kurang memberikan edukasi kepada masyarakat tentang  sistem pcnyelenggaraan pemilu tahun 20l9,” kata Roy Renaldi, Ketua KAMMI Lampung,

Menurutnya, KPU sbenarnya kurang siap menyelenggaran Pemilu yang berbarengan Pilres.

Pada pertemuan dengan komisioner KPU Lampung, KAMMI Lampung menyampaikan empat hal. Pertama, KPU harus mengevaluasi penyelenggaraan pemilu 2019. Kedua, adanya sikap yang tegas dan kwrja yang professionall dari KPU terhadap indikasi kcberpihakan KPU.

Ketiga, menjaga integritas dan indepedensi KPU sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Keempat, turut bcrduka cita alas gugumya para pahlaWan demokrasi akibat system yang tak bcrkelas yang dibuat oleh KPU.

Menanggapi kritikan tersebut, Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengaku berterima kasih. Nanang menegaskan pihaknya netral dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu, kata Nanang, hasil pemilu dan pilpres juga dilaporkan secara transparan. Publik bisa mengakses update data hasil pemilu 2019 melalui Situng KPU  di website www.kpu.go.id.

 

Loading...