Beranda Hukum Kriminal KSKP Panjang Bekuk Komplotan Spesialis Pencuri Truk di Pelabuhan Panjang

KSKP Panjang Bekuk Komplotan Spesialis Pencuri Truk di Pelabuhan Panjang

522
BERBAGI
Kepala KSKP Panjang, Iptu Ferdiansyah

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Petugas Unit Reskrim Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang meringkus dua tersangka spesialis pencuri truk yang kerap beraksi di wilayah Pelabuhan Panjang. Polisi menangkap keduanya, beberapa hari lalu pada waktu dan tempat berbeda.

Kedua tersangka komplotan spesialis pencurian truk tersebut berinisial IR (19), warga Jalan Teluk Ambon, Kelurahan Pidada, Panjang dan HD alias YD (28), warga Dusun Kali Asin, Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang, Iptu Ferdiansyah mengatakan, petugas menangkap kedua tersangka di tempat berbeda. Awalnya, petugas menangkap tersangka IR di tempat persembunyiannya di daerah Serang, Banten. Hasil pengembangan, petugas menangkap tersangka YD di rumahnya di Dusun Kali Asin, Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

“Tersangka IR dan YD, merupakan komplotan spesialis pencurian truk di wilayah Pelabuhan Panjang,”ujarnya kepada teraslampung.com, Senin (19/6/2017) sore.

Dikatakannya, berdasarkan dari hasil penyelidikan, ada dua laporan kasus pencurian truk yang dilakukan IR dan YD. Aksi pencurian pertama, bulan Mei 2017 dengan korban Mihada Amsor (22), warga Tanjungan, Lampung Selatan. Kemudian Aksi pencurian kedua, Juni 2017 lalu dengan korban Ahmad Sukri (45), warga Kelurahan Karang Maritim, Panjang.

“Modus pencuriannya, menggunakan kunci ganda (duplikat). Sebelumnya, tersangka meminjam kendaraan truk milik korban saat diparkir di Pelabuhan Panjang. Alasannya untuk mengangkut barang,”ungkapnya.

Menurutnya, tersangka IR dan YD, adalah sopir truk yang juga mengenal korban sesama sopir truk. Keduanya pernah menjadi sopir serep, pada saat menjadi sopir serep itulah IR dan YD menduplikat kunci mobil truk tersebut.

Mantan Kanit Jatanras Ditreskrimum Polda Lampung ini mengutarakan, aksi pencurian truk yang dilakukan YD dan IR saat korban Mihada tengah istirahat. Mobil Dump truk yang dikendarai korban, diparkirkan di samping Pos V Pelabuhan Panjang, pada (19/5/2017) lalu sekitar pukul 21.00 WIB.

“Tersangka YD dan IR, langsung beraksi mencuri mobil truk tersebut dan membawa kabur ke luar Lampung. Dump Truk tersebut, dijual tersangka ke Pulau Jawa,”terangnya.

Selanjutnya, kata Ferdiansyah, tersangka YD dan IR beraksi kembali mencuri mobil truk B 9250 SPA milik korban Ahmad Sukri, pada (9/6/2017) lalu sekitar pukul 19.00 WIB. Mobil truk milik korban tersebut, dicuri saat diparkirkan di area Pelabuhan Panjang.

“Tersangka IR meminjam truk korban Sukri, dengan berpura-pura untuk mengangkut arang. Karena sesama sopir dan korban juga kenal, korban meminjamkan truk tersebut kepada tersangka IR,”paparnya.

Pada keesokan harinya, tersangka IR mengatakan kepada korban bahwa mobil truk yang dipinjamnya hilang dicuri. Kemudian korban Sukri bersama IR, membuat laporan kasus pencurian tersebut ke KSKP Panjang.

“Dari laporan tersebut kami lakukan penyelidikan, diketahui mobil Sukri yang hilang dicuri ternyata telah dijual oleh IR sebesar Rp 100 juta,”jelasnya.

Saat itu juga petugas memburu IR di rumahnya, namun IR sudah tidak ada. Hingga akhirnya petugas mengendus keberadaannya, IR berhasil ditangkap petugas di tempat persembunyiannya di daerah Serang, Banten, pada Rabu (14/6/2017) lalu.

Dari keterangan IR, aksi pencurian truk tersebut ada keterlibatan YD. Bahwa Mobil truk yang dicuri IR, diserahkan kepada YD untuk dijual. Saat itu juga, petugas melakukan pengembangan dan menangkap YD di rumahnya di Dusun Kali Asin, Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Jumat (16/6/2017) lalu.

“Dari keterangan YD, mobil truk hasil curian itu telah dijual ke daerah Jawa. Ternyata tersangka YD ini juga, terlibat kasus pencurian truk milik korban Mihada,”pungkasnya.

Dikatakannya, kasus pencurian truk itu, masih dilakukan pengembangan. Karena masih ada tersangka lain, yang diduga terlibat dalam kasus pencurian tersebut.

Loading...