Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup, Pemda Siap Sosialisikan pada Minggu Ini

KTP Elektronik Berlaku Seumur Hidup, Pemda Siap Sosialisikan pada Minggu Ini

328
BERBAGI
KTP Elektronik (ilustrasi

JAKARTA, Teraslampung.com– Kegusaran masyarakat terkait Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik akhirnya terjawab.  Lewat Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Mendagri  Tjahjo Kumolo meminta para gubernur, bupati dan wali kota untuk menyosialisasikan bahwa KTP elektronik berlaku seumur hidup. Artinya, meski di KTP elektronik tertulis berlaku lima tahun, pada praktiknya KTP tersebut berlaku seumur hidup.

“SE sudah ditandatangani Pak Menteri pada Kamis (28/1) dan kini sudah dikirim ke daerah,” kata  Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Fakrulloh, di Jakarta, Senin (1/2).

Zudan mengatakan  SE Mendagri perlu segera disosialisasikan karena sampai sekarang masih banyak warga Indonesia yang bingung masa berlakunya KTP elektronik. Pasalnya, dulu sebelum proses pembuatan KTP sempat beredar informasi bahwa KTP elektronik berlaku seumur hidu.Namun, pada praktiknya, secara riil tertulis di KTP itu ada masa berlakunya yakni sampai lima tahun.

Sebelumnya, pada pekan lalu Mendagri Tjahjo Kumolo  meminta masyarakat tidak mengkhawatirkan terkait masih adanya KTP elektonik yang memuat masa berlaku.

“Bagi Anda yang masa berlaku KTP elektronik habis, tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlakunya lagi. KTP tersebut masih tetap bisa digunakan, meski di dalam kolom berlaku terdapat tanggal kedaluwarsanya,” kata Tjahjo.

“KTP elektronik yang sekarang dibagikan, masa berlakunya memang tertulis berlaku seumur hidup. Namun untuk yang sudah kedaluarsa pun masih sah dan tetap berlaku.”

Mendagri meminta masyarakat tidak memanfaatkan ketidaktahuan warga lain yang belum tahu untuk ambil keuntungan.

“Jadi Anda tak perlu takut dan khawatir ditolak saat menunjukkan KTP elektronik sewaktu ada razia kepolisian atau-pun disaat mengurus surat-surat penting di kantor/lembaga manapun,” tegas Mendagri.

Di Lampung, upaya sosialisiasi pemberlakuan KTP Elektronik sudah dimulai oleh Pemkot Bandarlampung.

Saat menyampaian amanat pada apel pagi di halaman Kantor Pemkot Bandarlampung, Asisten II Pemkot Bandarlampung Pola Pardede meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan dibantu seluruh satuan kerja untuk menyosialisasikan masa berlaku KTP elektronik.

“Pekan ini sosialisasi harus sudah jalan,” kata Pola Pardede.