Kualitas SDM Rumah Sakit Demang Perlu Diperbaiki

  • Bagikan

Supriyanto/Teraslampung.com

Dirut RSUD Demang Sepulau Raya, drg. Ismudijanto

GUNUNGSUGIH, Teraslampung,com–Belum baiknya pelayanan oleh sejumlah para medis, diduga salah satu penyebab menurunya jumlah kunjungan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya (RSUDDSR) Lampung Tengah (Lamteng).

Hal itu diakui diakui Dirktur Rumah Sakit Demang drg.Ismudijanto.  Menurut Ismudijanto, sebenarnya peralatan yang dimiliki RSUDDSR sudah cukup untuk menunjang pelayanan kepada pasien. Semua alat kesehatan sudah memenuhi standard dan mengikuti kemajuan teknologi kesehatan.

”Tetapi pelayanan itu juga sangat dipengaruhi sumber daya manusia (SDM). Jujur saja, kita perlu melakukan perbaikan kualitas SDM yang ada, agar mampu memberikan pelayanan yang baik. Saya akui, kualitas SDM di sini masih sangat pemprihatinkan. Tapi teman-teman sudah mulai menyadari, dengan berkurunagnya kujung pasien dapat menjadikan cambuk bagi mereka,”kata Ismudijanto, pada acara audien Bupati Lampung Tengah A.Pairin dengan dokter spesialis se Lamteng, Jum’at (10/10).  

Hal lain yang juga harus mendapatkan perhatian pemkab Lampung Tengah selain perbaikan pelayan rumah sakit dan perbaikan kualitas SDM, juga  menyangkt seleri atau gaji pegaai. Dari 460 pegawai Rumah Sakit Demang, separuhnya masih berstatus pegawai magang, mereka yang berpendidikan menengah, S1, S2 masih diberi gaji sebesar Rp460 ribu per bulan.

 ”Masih belum sesuainya gaji mereka tentu bisa menjadi penyebab belum baiknya pelayanan yang diberikan terhadap pasien,”katanya.

Diungkapkannya, saat ini Rumah Sakit Demang, memiliki 121 tempat tidur, 12 orang dokter spesialis, dari 12 orang dokter spesialis tersebut  tiga dokter diantaranya masih berstatus kontrak, yakni dokter spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan dokter spesialis kandungan. Lalu, dokter umum ada 9 yang  berstatus PNS 5 0rang dan 4 kontrak.

”Dokter kontrak  sudah kami ajukan ke Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara untuk di angkat menjadi PNS,” katanya.

Menurut Ismudijanto, Rumah Sakit Demang juga telah memiliki klinik visiti, satu-satunya di Lampung Tengah, yang berfunsi untuk mendeteksi HIV/AID kemudian untuk memberikan pengobatan.

”Ke depan yang diharapkan bagaimana caranya semua rumah sakit yang ada di Lampung Tengah ini bisa sinergis saling bahu membahu untuk memberikan pelayanan kesehatan,”tegasnya.

  • Bagikan