Beranda Hukum Kuasa Hukum Garry Ungkap Penyuapan Hakim PTUN Medan atas Perintah OC Kaligis

Kuasa Hukum Garry Ungkap Penyuapan Hakim PTUN Medan atas Perintah OC Kaligis

166
BERBAGI
OC Kaligis (Foto: beritasatu.com)

JAKARTA, Teraslampung.com — M Yagari Bhastara Guntur atau Garry, anak buah pengacara senior OC Kaligis., mengakui penyuapan yang dirinya lakukan kepada hakim Pengadilan Tata Usaha Negara di Medan atas perintas bosnya (OC Kaligis). Melalui kuasa hukumnya, Haeruddin Masarro, mengatakan, OC Kaligis  sempat dua kali memberikan uang suap tersebut. Pertama,  saat pendaftaran perkara di PTUN dan sebelum sidang.

“Benar ada dua kali pemberian duit ke ketua pengadilan itu langsung dari OCK. Tanpa ada Garry,” ujar Haeruddin, di Jakarta, Sabtu (25/7).

Haerudin mengatakan, kliennya juga membenarkan bahwa  pemberian tersebut termasuk dari uang yang disita KPK dari ruang kerja Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro sejumlah 15 ribu dolar AS dan 5 ribu dolar Singapura.

Pada pemberian selanjutnya, kata Haerudin, KPK menangkap tangan Garry beserta para hakim dan panitera PTUN Medan.

“Itulah yang jadi 20 ribu (dolar). OTT itu yang 5 ribu dolar dia bawa.Kaligis berperan besar dalam penyerahan uang tersebut,” katanya.

Menurut  Haeruddin, hal itu teruji berdasarkan alat bukti yang dimiliki KPK. Seperti, rekaman penyadapan percakapan Kaligis mengenai pemberian uang.

“Jadi suara OCK, dialog OCK dengan Gerry, OCK dengan Indah (sekretaris Kaligis), ini sudah ada di KPK. Sudah kesadap,” kata Haerudin.

Meskipun begitu, Haeruddin mengaku tidak tahu maksud Kaligis memberi uang kepada hakim. Begitu pula sumber uang tersebut, apakah dari kocek pribadi Kaligis atau pihak lainnya.

“Itu yang Gerry tidak cerita. Yang pasti duit untuk lawyer fee apa semua kan dari sana, dari pihak Pemprov ke OCK. Dia (Gerry) tidak tahu,” ucap dia.

Kaligis sendiri sempat menyebutkan, bahwa  Gerry terus didesak panitera PTUN Medan untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) menjelang Lebaran.

Dirinya pun menyebutkan, sempat  mencegah Gerry untuk berangkat ke Medan, tetapi Gerry ternyata tetap berangkat.

Sebelumnya, fakta lain terkait OC Kaligis juga terungkap. Yakni, permintaan Kaligis kepada Garry agar anak buahnya itu pasang badan untuk bisa menyelamatkan puluhan karyawan kantor hukum OC Kaligis menyusul ditutupnya kanto pengacara terkenal itu.

Bambang Satriaji

Loading...