Beranda Hukum Kriminal Kurang dari Satu Menit Oknum Wartawan Ini Bisa Gasak Sepeda Motor

Kurang dari Satu Menit Oknum Wartawan Ini Bisa Gasak Sepeda Motor

511
BERBAGI
Pelat nomor polisi sepeda motor dan alat yang dipakai komplotan Feri untuk mencuri sepeda motor.
Pelat nomor polisi sepeda motor dan alat yang dipakai komplotan Feri untuk mencuri sepeda motor.

Zainal Asikin  | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Aksi komplotan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang dilakukan tersangka Feri Gunawan (22), Efendi Saputra (24) dan Y (DPO) di wilayah Kota Badarlampung, terbilang mahir dan sudah professional. Dari puluhan aksi pencurian yang dilakukan para tersangka, sangatlah cepat dan mereka hanya butuh waktu satu menit untuk menggondol motor curian.

Kapolsekta Kedaton, Kompol Bismark mengatakan, komplotan tersangka Feri Cs ini, sudah mencuri sepeda motor di 10 TKP di wilayah hukum Polsekta Kedaton. Sasarannya adalah sepeda motor yang diparkir didepan rumah.

“Mereka mencuri dengan cara merusak stop contact sepeda motor menggunakan kunci letter T. Hasil lidik sementara ada 10 TKP. Tapi kuat dugaan, para tersangka mencuri tidak hanya di  10 TKP,”ujarnya, Senin 16 April 2018.

Dikatakannya, saat menjalanan aksinya, mereka berbagi peran. Tersangka Feri yang merupakan oknum wartawan media online, bertugas sebagai pemetik dan tersangka Y (DPO) mengawasi situasi sekitar. Sedangkan tersangka Efendi, bertugas membawa motor hasil curian untuk dijual kepada penadahnya di wilayah Lampung Tengah.

“Saat beraksi, tersangka Feri Cs ini cukup mahir dan cepat. Karena tidak kurang dari satu menit saja, para tersangka berhasil membawa kabur motor curian,”ungkapnya.

Saat menjalankan aksinya, kata Bismark, ketiga tersangka pergi bersama berboncengan sepeda motor. Lalu ketiganya, berkelilig mencari motor target sasaran pencuriannya yang diparkir di tempat kosan dan juga di depan teras rumah. Saat beraksi, para tersangka ini terbilang mahir dan cepat. Karena tidak kurang dari satu menit saja, para tersangka sudah berhasil mencuri dan membawa kabur motor curian.

“Modusnya, tersangka mengawasi lokasi sekitar terlebih dulu. Ketika dilihatnya sepi, tersangka langsung beraksi merusak kunci stang motor korbannya menggunakan kunci letter T,”terangnya.

Diketahui sebelumnya, dua tersangka spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor), dibekuk petugas Unit Reskrim Polsekta Kedaton di wilayah Rajabasa, Bandarlampung, Minggu 15 April 2018. Dari kedua tersangka curanmor yang ditangkap tersebut, salah satu tersangka merupakan oknum wartawan media daring (Online) di Lampung.

Kedua tersangka curanmor yang ditangkap tersebut adalah Feri Gunawan (22), oknum wartawan warga Rajabasa, Bandarlampung dan Efendi saputra (24), warga Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Pubian, Lampung Tengah. Selain kedua tersangka, masih ada satu tersangka lain berinisial Y yang saat ini masih buron (DPO).

Dari penangkapan kedua tersangka, petugas menyita barang bukti lima unit sepeda motor hasil curian, lima buah plat kendaraan motor, satu set kunci letter T, kunci letter L, dua buah maghnet sebagai pembuka kunci kontak motor dan satu buah kartu Pers milik tersangka Feri.