Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Kurang Kreatif Buat Program, Wagub Bachtiar Basri Kritik Pejabat Teras Pemkab Lampura

Kurang Kreatif Buat Program, Wagub Bachtiar Basri Kritik Pejabat Teras Pemkab Lampura

358
BERBAGI
Suasana Musrenbang Lampung Utara yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi- Wakil Gubernur Bachtiar Basri menyindir para pejabat teras di lingkungan Pemkab Lampung Utara yang dinilainya tak cukup kreatif dan inovatif dalam menelurkan program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kritikan pedas dari orang nomor dua di Provinsi Lampung ini disampaikannya dalam acara musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang), di ruang Tapis Pemkab Lampung Utara, Senin (13/3/2017) sekitar pukul 09.00 WIB.

‎”Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus mempunyai kreativitas. Jangan (bisanya) hanya menunggu dari sang Bupatinya saja,” sindir Wagub.

‎Jika hanya menunggu dan menunggu instruksi dari pimpinan baru bergerak, menurut Wagub, dan diperparah dengan ‘lemahnya’ kualitas sumber daya manusia pimpinan SKPD maka itu sama saja menghambat keinginan Kepala Daerah yang notabene menginginkan pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan rakyat.

“Kalau Kepala SKPD-nya saja lemah dalam SDM, (ya) susah juga kalau begitu. Contoh dong, program gerbang desa yang murni dari ide kreatif Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi yang kami realisasikan menjadi program,” tuturnya.

Di samping menyindir soal ‘minimnya’ kreativitas ‎para pejabat Lampung Utara, Bachtiar juga menyarankan Pemkab untuk membangun sebuah simbol yang dapat dijadikan sebagai icon kebanggan daerah dan menjadi pemikat warga luar untuk datang atau sekedar melihat icon kebanggan warga Lampung Utara. Menurutnya, keberadaan icon di Lampung Utara sangat diperlukan di tengah perubahan yang sedang dilakukan.

“Saya inginkan Lampura juga memiliki icon yang dapat menarik orang untuk datang. Kalau tidak, orang akan sepi datang ke sini,” saran Bachtiar.

Menyikapi kritikan Wagub Bachtiar, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengakui masih ada satu atau dua pejabat teras Pemkab yang harus diberikan arahan atau petunjuk khusus‎. Padahal, sedianya, baik Bupati, Wakil Bupati maupun DPRD sifatnya hanya memberikan gambaran – gambaran secara garis besar saja. Selebihnya, para Kepala SKPD itulah yang menerjemahkannya dengan kreativitas dan inovasi sehingga menghasilkan ide – ide program yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kepala SKPD memang harus kreatif dan inovatif dalam menjabarkan berbagai garis besar yang menjadi keinginan Pemkab,” kata dia.

Sementara mengenai permintaan dibangunnya sebuah icon daerah, suami Endah Kartika Prajawati itu menuturkan, pihaknya akan menindaklanjuti saran tersebut melalui pembahasan yang intensif dan komprehensif sesuai dengan mekanisme.

“Kritikan maupun saran pak Wagub Bachtiar itu sangat baik‎ karena itu membuktikan bahwa beliau peduli dengan daerah ini. Kami akan berusaha menindaklanjuti semua saran dan kritikan beliau,” jelas putra Legislator RI, Tamanuri tersebut.