Beranda News Pusiban Laboratorium BBPOM Bandarlampung Siap Tangani Kasus Covid-19 di Lampung

Laboratorium BBPOM Bandarlampung Siap Tangani Kasus Covid-19 di Lampung

250
BERBAGI
Sekdaprov Lampung meninjau laboratorium Covid-19 BBPOM Bandarlampung, Selasa (23/6/2020)..

TERASLAMPUNG.COM — Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandarlampung siap membuka Laboratorium Uji Covid-19 untuk membantu penanganan kasus Covid-19 di Lampung.

Kepala BBPOM Bandar Lampung, Susan Gracia Arpan, mengatakan laboratorium tersebut akan membantu Pemprov Lampung menangani kasus Covid-19 terutama dalam menguji sampel swab orang yang diduga terjangkit Covid-19.

“Laboratorium sudah dilengkapi dengan real time-PCR dan Biosafety Cabinet level 3, sebagai standard laboratorium untuk uji virus dan telah dilakukannya validasi oleh Tim dari P3OMN Badan POM Pusat. Laboratorium BBPOM saat ini siap running dan berkontribusi aktif dalam memerangi virus covid-19,” kata Susan,   saat menerima kunjungan Sekdaprov Fahrizal di  Laboratorium Pengujian Covid-19 di Kantor BBPOM Bandarlampung,  Senin (22/6/2020).

Menurut Susan, laboratorium BBPOM Lampung didukung 26 personel, termasuk tenaga penguji, tim supervisor, pembina dan penanggung jawab, serta tim pendudukung, saat ini kapasitas uji 50 – 100 sampel perhari dengan kecepatan uji 2 sampai 5 jam” ujarnya.

Susan menambahkan dengan PCR realtime swab sansure yang mampu menguji hingga 100 sampel ini bisa memperluas cakupan tes hingga mampu membantu Pemerintah Daerah khususnya Bandar Lampung agar cepat keluar dari krisis pandemi Covid-19 ini.

“Untuk itu kami meminta arahan arahan dari pak Sekda yang mewakili Gubernur. Juga arahan bu Reihana sebagai kepala Kepala Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Sabtu 20 Juni 2020 lalu, sudah dilakukan pengujian Covid untuk 26 karyawan BBPOM Lampung, dengan hasil semuanya negatif Covid-19. Sedangkan pada hari Senin 22 Juni 2020, dilakukan swab test terhadap 53 karyawan.

Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto mengatakan dengan dibukanya laborarium BBPOM Bandarlampung diharapkan kesiapan menghadapi New Normal dapat dikelola dengan lebih baik.

“Alhamdulillah dengan jumlah Penduduk yang hampir 10 juta jiwa, Lampung berada di peringkat kedua terendah dari 34 Provinsi dalam kasus Positif-Covid 19 di Indonesia. Denga rasio 1.58 per 100 penduduk. Ini merupakah hasil dari kerja keras yang dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Pemprov Lampung dalam berjuang memberikan informasi kepada masyarakat,” ,” katanya.

Sebelumnya, selama beberapa bulan sampel  swab pasien terduga Covid-19 di Lampung harus dikirim Balai Besar Labotorium Kesehatan di Palembang atau laboratorium di Dekpes RI di Jakarta.

Sampel swab bisa diperiksa di Lampung baru akhir-akhir ini, yaitu setelah Lampung menerima bantuan PCR dari Kementerian BUMN.

Loading...