Lagi, Kasus Covid-19 Lampung Utara Tambah 48

  • Bagikan
Ilustrasi virus corona - Pixabay

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Menurunnya kewaspadaan warga Lampung Utara terhadap virus corona 2019 membuat kasus positif terus merangkak naik. Hari ini, misalnya, kembali ditemukan 48 warga yang positif Covid-19.

Kepa‎la Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Rabu (28/4/2021)‎, mengatakan bahwa jumlah warga yang positif terpapar kali ini berjumlah 48. Sebagian di antaranya berasal dari Kecamatan Kotabumi Utara dan Bukitkemuning.

“Kotabumi Utara ada 13 kasus, sedangkan di Bukitkemuning ‎ada 11 kasus,” jelas dia.

Urutan ketiga ditempati oleh Kotabumi dengan tujuh kasus positif. Lalu, di urutan berikutnya adalah Abung Selatan (6 kasus), ‎Kotabumi Selatan (5), Abungsurakarta dan Abungpekurun masing – masing dua kasus. Selanjutnya, Blambanganpagar dan Hulusungkai dengan masing – masing satu kasus.

Desa – desa yang menjadi tempat tinggal para pasien asal Kotabumi Utara itu adalah Desa Madukoro Baru (3 orang), Sawojajar (dua orang), Madukoro (6 orang), Desa Banjarwangi dan Kalicinta dengan jumlah pasien sama, yakni satu orang.

“Kalau di Bukitkemuning, pasiennya berasal dari Kelurahan Bukitkemuning, Desa Tanjungbaru, Sukamenanti,” terangnya.

Lonjakan kasus ini disebabkan oleh pelbagai faktor. Faktor – faktor itu di antaranya tidak menjalankan protokol kesehatan, menolak pemakaman Covid-19, keramaian yang tidak sesuai Prokes, menolak isolasi, dan menolak rapid atau swab.

“Jadi, total kasus Covid-19 naik menjadi 1.384. Rinciannya adalah 1.181 orang selesai isolasi, 43 orang meninggal dunia, sisanya sedang menjalani isolasi,” kata dia.

  • Bagikan