Beranda Hukum Narkoba Lagi, Petugas Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu ke Rutan Kotabumi

Lagi, Petugas Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu ke Rutan Kotabumi

258
BERBAGI
Pihak Rutasn Kelas IIB Kotabumi menyerahkan barang yang diduga sabu kepada pihak Polres Lampura
Pihak Rutasn Kelas IIB Kotabumi menyerahkan barang yang diduga sabu kepada pihak Polres Lampura.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Meskipun telah berulang kali digagalkan, namun upaya penyelundupan barang yang diduga sabu ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kotabumi, Lampung Utara (Lampura) masih saja terus terjadi.

Hari ini, Senin (8/10/2018) misalnya, ‎petugas Rutan Kelas IIB kembali menggagalkan barang yang diduga sabu. Barang diduga sabu itu coba diselundupkan oleh seorang pengunjung yang sengaja dititipkan saat jam kunjungan sekitar puku 14.00 WIB.

“Barang diduga sabu itu dimasukan ke dalam kemasan gula bersama sebungkus nasi, mi instant, dan sayur yang dititipkan oleh seorang pria saat jam besuk,” terang Kepala Keamanan Rutan, Gusvendra kepada wartawan.

Gusvendra menceritakan, awalnya mereka tak pernah berprasangka bahwa bahwa yang dibawa oleh laki – laki yang berhasil meloloskan diri itu merupakan barang yang menyerupai sabu. Laki -laki itu sempat mengisi buku tamu dan menuliskan kepada siapa barang itu akan ditujukan.

“Barang titipan itu ditujukan ke penghuni Rutan berinisial R yang terlibat kasus kriminal umum,” jelas dia.

Pihak Rutan baru mencurigai pengunjung itu saat ‎menunjukan gelagat yang mencurigakan ketika barang – barang yang dibawanya diperiksa oleh petugas Penjaga Pintu Utama (P2U). Kala itu, pengunjung tersebud telah masuk ke dalam ruang pintu utama rutan.

Secara kebetulan, jam kunjungan telah habis dan para pengunjung diminta meninggalkan Rutan. Saat pintu utama dibuka supaya para pengunjung dapat ‎ke luar, laki – laki itu langsung lari dan menerobos perkebunan singkong di sekitar rutan.

“Kami sempat berusaha mengejar tapi sayangnya orang itu berhasil ‎kabur tanpa sempat membawa sepeda motornya yang diparkir,” katanya.

Usai kehilangan buruannya, petugas Rutan langsung memeriksa barang titipan pria tersebut. Ternyata di dalam kemasan gula, kami temukan satu paket besar yang diduga sabu. Temuan ini langsung mereka laporkan kepada pihak Polres Lampura.

“Jika sampai beberapa hari ke depan tidak ada yang mengambil sepeda motor itu maka akan kami serahkan juga ke polisi,” jelas dia.

Di tempat berbeda, Kaur Bin Ops Sat Res Narkoba Polres Lampura, Ipda Damhuri mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan apakah barang yang mencurigakan itu memang benar sabu atau bukan.

“Kami akan periksa dulu untuk memastikannya,” katanya.

Loading...