Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Lagi, Tunjangan Beban Kerja Pejabat Lampung Utara Terancam tak Terbayar

Lagi, Tunjangan Beban Kerja Pejabat Lampung Utara Terancam tak Terbayar

944
BERBAGI
Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo
Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo (Foto: Teraslampung.com/ Feaby Handana)

Feaby Handana |Teraslampung.com

Kotabumi — Penantian panjang para pejabat Pemkab Lampung Utara untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui anggaran beban kerja sepertinya bakal berakhir zonk alias kosong. Sebab, hingga saat ini Pemkab Lampung Utara tidak memiliki uang untuk membayarnya.

“Yang bisa jawab (bisa dibayarkan atau tidak) itu Pak Desyadi selaku Kepala Badan Pengelolaan Keuangan da‎n Aset. Saya kan hanya pengambil kebijakan,” kata Plt Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, Jumat (20/12/2019).

Budi mengaku, peluang terbayarkannya dua bulan beban kerja seperti yang ramai dikabarkan itu terbilang kecil. Hal itu karena pengeluaran Pemkab Lampung Utara lebih besar dibandingkan dengan penerimaan.

“Memang kebutuhan Pemkab Lampung Utara lebih besar dari pendapatan,” jelasnya.

‎Meskipun peluangnya kecil, namun Budi mengaku pihaknya masih terus berupaya semaksimal mungkin untuk membayarkan anggaran beban kerja itu walaupun mungkin tidak bisa sepenuhnya. Salah satu upaya yang akan dilakukan ialah memaksimalkan sektor – sektor pendapatan pajak atau retribusi hingga menjelang akhir tahun.

“Karena kondisi keungan memprihatinkan, kami sedang ‘berjuang’ untuk mengumpulkan kewajiban pajk dan retribusi. Kalau tanggal 30 masuk, tanggal 31 akan kita keluarkan,” tegas mantan Kepala BPKA itu.

Jika hingga akhir tahun Pemkab Lampung Utara tidak mampu membayarkan sepuluh bulan anggaran beban kerja maka ini sama saja mengulang pengalaman pahit tahun 2018 silam. Tahun lalu, total lima bulan lamanya para pejabat tidak mendapat BK.

Sebelumnya, pada Senin, 11 November 2019, Sekretaris Kabupaten Lampung Utara, Sofyan juga berjanji akan menyalurkan BK pejabat paling tidak untuk dua bulan. ‎Sayangnya, sepertinya janji itu bak jauh panggang daripada api saat ini.

Loading...