Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Lahan Kosong di Kelurahan Gunungsari Kini Disulap Jadi RTH

Lahan Kosong di Kelurahan Gunungsari Kini Disulap Jadi RTH

111
BERBAGI
Lahan kosomg di Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Enggal,Bandarlampung yang semula kumuh kini menjadi ruang terbuka hijau (RTH).
Lahan kosomg di Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Enggal,Bandarlampung yang semula kumuh kini menjadi ruang terbuka hijau (RTH).

TERASLAMPUNG.COM — Senin siang,26 Oktober 2020. Anak-anak terlihat bergembira bermain perosotan dan permainan lainnya yang ada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan tempat anak-anak bermain, di Kelurahan Gunungsari, Kecamatan Enggal, Bandarlampung.

Lahan seluas sepuluh meter persegi itu awalnya lahan kosong dan menjadi tempat buang sampah. Oleh Lurah Gunungsari, Akbar Mandari Putra, lahan kosong itu diubah menjadi RTH tempat bermain anak.

“Tadinya lahan itu kumuh dan banyak air menggenang karena orang buang sampah di situ. Takutnya di situ tempat bersarangnya nyamuk yang diduga mengakibatkan warga sekitar terinfeksi penyakit DBD,” kata Akbar, Senin 26 Oktober 2020.

Dengan memanfaatkan dana kelurahan, Akbar mengubah tempat kumuh itu dalam tempo tidak sampai satu bulan dijadikannya RTH dengan harapan anak-anak bermainnya lebih terkonsentrasi dan memperindah lingkungan.

“Lahan itu berada dalam Stasiun kereta api Tanjungkarang harapan saya dengan adanya RTH itu lingkungan stasiun lebih indah, kemudian anak-anak bisa memanfaatkannya dengan baik,” jelasnya.

Kehadiran RTH di Kelurahan Gunungsari itu disambut baik oleh warga. Salah seorang warga bernama Yuni (36) mengaku sangat senang dengan adanya tempat bermain tersebut, anak-anak menurutnya tidak lagi bermain disembarang tempat.

“Seneng banget jadi anak-anak mainnya tidak kemana-mana . Sebelum ada taman ini, anak-anak mainnya di jalan atau tempat parkir PT KAI,” ujar ibu dua anak yang sedang membawa anak keduanya bermain di situ.

Sedangkan bagi Melan (12) bocah kelas enam SD itu, hadirnya RTH mengubah tempat bermainnya yang semula di Mushola Baiturrahman kini dia dan teman-temannya berkumpul di RTH tersebut.

“Sekarang ke mushola kalau mau ngaji aja. Kalau boleh Om tambih ayunan sih di sini (RTH) biar kita mainnya tambah seru,” ungkapnya.

Dandy Ibrahim