Lalu Lintas: Bandarlampung akan Jadi Kota Ketiga di Sumatera yang Terapkan ATCS

  • Bagikan
Ruang pusat kendali ATCS di Kota Medan. (dok Dephub).

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Bandarlampung akan menjadi kota ketiga di Sumatera yang menerapkan  sistem pengontrol berupa Area Traffic System (ATCS) setelah Kota Medan dan Padang  Dengan alat tersebut, diharapkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya bisa dikurangi. Alat tersebut akan berfungsi sebaga pusat data lalu lintas, mulai  merekam, mengontrol lalu lintas, dan mengetahui secara cepat kejadian kecelakaan di lapangan.

“Semua persiapannya sudah selesai 100 persen. Kami sudah siapkan 17 personel pengendali untuk mengoperasionalkan ATCS. Para personel sudah sudah melakukan persiapan dan pelatihan yang lansung pandu oleh intrukstur dari pemerintah pusat. Mereka akan mempelajari titik-titik yang terpasang kamera CCTV seperti di lampu merah simpang Jl. Pramuka, Universitas Lampung, Jl. Simpang Urip Sumoharjo, dan perempatan lampu merah Jl. Sultan Agung,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bandarlampung,Rifa’i, Minggu (4/1).

Menurut Rifa’i, ATCS  dilengkapi  CCTV (Closed Circuit Television) yang sudah dipasang dibeberapa titik sudah dapat berjalan dengan baik Pembangunan gedung ATCS hingga perangkatnya seperti CCTV, perangkat IT, monitor sudah sejak lama dikirim pemerintah pusat dan sudah terpasang 100 persen.

Rifa;i mengaku Terminal Induk Rajabasa sebagai terminal terbaik se-Indonesia sudah sewajarnya mendapatkan bantuan pemerintah untuk opersional memiliki ATCS, hingga akhirnya Pemkot hanya menggelontorkan Rp900 juta untuk membangun gedung ATCS tersebut.

Menurut Rifa’i, ATCS memiliki banyak manfaat. Antara lain  menyediakan rekaman data lalu lintas, rekaman kejadian kecelakaan dan kejadian lainnya dipersimpangan yang sudah terpasang, serta mengatur waktu sinyal secara responsif dan terkoordinasi.

Lalu, memberikan prioritas lampu dipersimpangan pada kendaraang yang memiliki prioritas untuk lewat dan menyampaikan informasi kondisi lalu lintas dan alternatif lintasan. Sehingga terciptanya optimis kinerja jaringan jalan.

“Selain itu, dengan alat ini maka bisa mengurangi jumlah dan beban petugas pengatur lalu lintas di persimpangan jalan,” katanya.

Menurut Rifa’i, peresmian pemakaian ATCS itu akan segera diresmikan dalam waktu dekat ini. Direncanakan peresmian akan dihadiri, antara lain, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Walikota Herman HN, dan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung.

Riski

  • Bagikan