Beranda News Nusantara Lama Tak Pulang, Tetangga Mengira Perceraian UAS Hoax

Lama Tak Pulang, Tetangga Mengira Perceraian UAS Hoax

615
BERBAGI
Ustaz Abdul Somad dalam acara tablig akbar di Bandarlampung 30 Desember 2017 (Foto ©Zukri Fahmi)
Ustaz Abdul Somad dalam acara tablig akbar di Bandarlampung 30 Desember 2017 (Foto ©Zukri Fahmi)

TERASLAMPUNG.COM — Kabar retaknya rumah tangga Abdul Somad dengan Mellya Juniarti sudah lama diketahui tetangga di sekitar kediaman UAS di Perumahan Unri, Panam, Pekanbaru, Provinsi Riau. Sebab itu, ketika mendengar kabar UAS cerai dengan Mellya Juniarti, mereka menganggap itu hoax.

“Karena kami tahunya memang sudah cerai sejak lama,” kata Jen Takeshi, salah seorang tetangga Abdul Somad kepada Tempo, Sabtu, 7 Desember 2019. Masyarakat di sana menduga masalah dalam keluarga UAS terjadi sejak 2016.

Jen Takeshi mengatakan para tetangga baru percaya setelah pengacara UAS, Hasan Basri membuat klarifikasi di media massa. Jen Takeshi terkejut mengetahui majelis hakim Pengadilan Agama Bangkinang mengabulkan gugatan cerai UAS kepada Mellya Juniarti.

Tetangga UAS ini mengaku sudah lama tak bertemu dengan pendakwah berusia 42 tahun itu. “Dia jarang datang ke sini. Lebih sering di Jakarta,” kata dia.

Di akun Instagram resmi Abdul Somad, tampak dia sedang berdakwah di Pesantren Tengku Chiek Omardiyan, Indrapuri, Aceh, Sabtu, 7 Desember 2019. UAS mengenakan kemeja biru dan celana hitam dengan antribut syal bergambar bendera aceh.

Kuasa Hukum UAS, Hasan Basri memastikan bahwa urusan perceraian UAS dengan Mellya Juniarti tak mempengaruhi dakwah. “Perceraian hal pribadi, tidak ada hubungan dengan dakwah,” kata Hasan kepada Tempo.

Keraguan juga diungkapkan seorang warganet ketika membaca berita percerain UAS di detik.com yang diunggah kolega Teraslampung.com yang juga wartawan detik.com penulis berita perceraian UAS, di Facebook.

Warganet itu seolah tak percaya dan menyebut berita detik.com sebagai tidak jelas, karena saudaranya yang bertetangga dengan UAS mengabarkan bahwa keluarga UAS baik-baik saja.

Fakta akhirnya mencatat: UAS menggugat cerai istrinya pada 12 Juli 2019. Pengadilan Agama Bangkinang kemudian mengabulkan gugatan cerai UAS terhadap Mellya Juniarti pada 3 Desember 2019. Hal itu dibenarkan pengacara UAS.

Tempo

Loading...