Beranda Pendidikan Lamban Sastra Gelar Lomba Baca Puisi Tingkat SMA dan Mahasiswa se-Lampung

Lamban Sastra Gelar Lomba Baca Puisi Tingkat SMA dan Mahasiswa se-Lampung

142
BERBAGI
TERASLAMPUNG.COM — Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS akan menggelar Lomba Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA dan Mahasiswa se Provinsi Lampung, di Balai Keratun, Kompleks Pemprov Lampung, 26-27 April 2017.

Menurut Ketua Panitia Lomba, Syaiful Irba Tanpaka, lomba bertema “Lampung dalam Potret Pembangunan” ini digelar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional. Juara pertama akan mendapatkan Penghargaan Gubernur Lampung untuk juara pertama, sementara juara favorit akan mendapatkan penghargaan dari Wakil Gubernur Lampung.

Syaiful mengatakan untuk menggelar lomba ini Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS didukung Pemerintah Provinsi Lampung (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Biro Umum Setprov Lampung) dan Bank Lampung.

“Dijadwalkan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo membuka kegiatan ini. Kemudian bersama Wakil Gubernur Bachtiar Basri dan pejabat Pemprov Lampung akan mengikuti aksi cipta puisi di atas kanvas, lalu diselesailan oleh penyair Lampung menjadi puisi utuh,” katanya.

“Rencanya kami akan menggelar aksi cipta puisi setelah peresmian. Bapak Ridho memulai satu atau dua baris, dilanjutkan Bapak Bachtiar dan lainnya. Lalu diselesaikam oleh penyair Lampung,” jelas Syaiful Irba yang sehari-hari Kasi Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Dinas Pariwisata Provinsi Lampung.

Ditambahkannya, panitia menargetkan pesertanya 100 orang lebi. Pendaftaran sudah mulai dibuka di Lamban Sastra Isbedy dan Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Bidang Ekonomi Kreatif.

Untuk lomba ini, kata Syaiful, panitia menyiapkan piala, piagam, bingkisan bagi pemenang I-III dan harapan I-III. Selain itu tabungan dari Bank Lampung. Adapun tabungan untuk juara I-III adalah Rp1.500.000, Rp1.000.000, Rp750.000. Sedangkan harapan I-III masing-masing Rp500.000.

Peserta mendaftar di Lambam Sastra Isbedy Stiawan ZS kontak person 082175265551 (Fitri Angraini) atau ke Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Provinsi Lampung (Syaiful Irba: 082307436999).

“Peserta lomba dapat memilih puisi yang disediakan panitia. Materi puisi akan diberikan saat mendaftar dengan kontribusi Rp25 ribu,” jelas Syaiful.

Kesempatan itu juga Syaiful berharap melalui lomba ini dapat menumbuhkan minat pelajar dan mahasiswa pada puisi. Selain itu menumbuhkan kecintaan pada daerah dan negara.

Sementara itu, Isbedy Stiawan ZS mengatakan, Gubernur Lampung Award ini akan menjadi agenda tahunan Lamban Sastra Isbedy Stiawan ZS. Sehingga ke depan, ia berharap, hadiah pembinaan juga bisa lebih besar lagi.

“Kita ingin melihat animo peserta, kalau memenuhi target bisa dibuat lebih luas jangkauannya dan uang pembinaannya dinaikkan. Ini penting, selain untuk merangsang minat peserta juga persaingan semakin banyak,” kata pengampu Lamban Sastra itu.

Isbedy bangga karena Pemprov Lampung sangat mendukung kegiatan ini. Ia menilai, dengan didukungnya kegiatan ini adalah bagian dari kepedulian pemerintah terhadap kebudayaan dan kegiatan positif di kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Diharapkan dari lomba ini, para pelajar makin mencintai senibudaya yang hidup dan berkembang di masyarakat,” ujar dia.