Beranda News Nasional Lampaui Target, Ini Perolehan Medali Indonesia di SEA Games 2019

Lampaui Target, Ini Perolehan Medali Indonesia di SEA Games 2019

932
BERBAGI
Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman ketika meraih medali emas di Sea Games 2019 pada Sabtu (7/12/2019). - Reuters/Athit Perawongmetha
Atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman ketika meraih medali emas di Sea Games 2019 pada Sabtu (7/12/2019). - Reuters/Athit Perawongmetha

TERASLAMPUNG.COM — Kontingen Indonesia mengokohkan diri pada posisi kedua setelah rumah Filpina pada ajang SEA Games 2019. Memasuki hari kedelapan, medali emas, perak, dan perunggu yang diraih para atlet Indonesia terus bertambah dan melebihi target yang ditetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Sebelumnya Menpora menargetkan kontingen Indonesia sebanyak 45 emas. Sedangkan Presiden Joko Widodo berharap bisa menembus 60 emas. Hingga Minggu sore, tim Indonesia sudah meraih 63 emas, 56 perak, dan 67 perunggu. Sedangkan tuan rumah Filipina meraup 98 emas 69  perak, 64 perunggu.

Hari ini Indonesia mendapat tambahan empat medali emas dari cabang olahraga (cabor) panahan, selancar, bowling, dan ski air pada Minggu (8/12/2019).

Dari cabor selancar, Rio Waida, mendapat medali emas dari nomor shortboard open pria. Di partai final, Rio mengalahkan sesama wakil Indonesia, yakni Anwar Hairil. Rio menyusul keberhasilan Dhea Novitasari yang juga meraih medali emas dari selancar hari ini. Dhea mengalahkan wakil tuan rumah, Jevy Mae Agudo, di partai final.

Bowling mendapat medali emas berkat all Indonesian Final. Billy Muhammad Islam mendapat medali emas setelah mengalahkan Ryan Lalisan di partai final nomor Men’s Masters. Ini adalah emas kedua Indonesia dari cabor bowling. Emas pertama Indonesia dari bowling sebelumnya diraih oleh ganda putri Tannya Roumimper/Sharon Liman.

Dari cabor panahan, Hendra Purnama mendapat emas saat turun di nomor recurve individu putra. Hendra sukses mengungguli wakil Malaysia, Oo Htike Lin yang meraih perak dan sesama wakil Indonesia, Ega Riau Agatha, di peringkat ketiga.

Tm campuran ski air Indonesia meraih medali emas dari nomor cableski. Tim campuran ski air Indonesia ini terdiri dari Safira Widodo, Nur Priambodo, Emilia Hampp, Muhammad Putu, Ade Hermana, dan Dimas Suprihono.

Peluang untuk menambah emas memang terbuka karena hingga Sabtu (7/12/2019), perolehan medali kontingen Indonesia sebanyak 51 emas, 50 perak, dan 58 perunggu.

Untuk posisi puncak ada Filipina dengan 89 emas, 68 perak, dan 64 perunggu, sedangkan di bawah Indonesia ada Vietnam dengan 46 emas, 50 perak, dan 66 perunggu.