Beranda News Pusiban Lampung Lolos ke Posisi Ketiga Nasional Lomba Anugerah Teknologi Budhipura Kemenristek

Lampung Lolos ke Posisi Ketiga Nasional Lomba Anugerah Teknologi Budhipura Kemenristek

82
BERBAGI
Gubernur Ridho Ficardo menunjukkan piala yang baru saja diterimanya, di sela-sela acara puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Ke-XX Tahun 2015, di Markas Komando Lintas Laut Militer,Tanjung Priok, Jakarta, Senin (10/8/2015).

TERASLAMPUNG.COM — Provinsi Lampung kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan lolos ke tiga besar nasionl Lomba Anugerah Teknologi Budhipura Kemenristek, bersama Sulawesi Selatan dan Jawa Barat.

“Provinsi Lampung masuk dalam 3 besar Anugrah Kemenristek setelah dinilai berhasil melakukan inovasi teknologi pengembangan tumbuhan kopi melalui koservasi di lahan kering masam Lampung Barat, lalu teknik budi daya kopi serupa juga terus dikembangkan di Kabupaten lain seperti Tanggamus dan Way Kanan,” kata Kepala Balitbangnovda Provinsi Lampung, Mulyadi, Kamis (28/72016).

Selain itu, kata Mulyadi,, ada 4 hal yang kita kembangkan Pemprov Lampung. Antara lain mengembangkan somatic embriosis, teknik penyambungan pohon kopi, dan menyiapkan varietas unggulan bibit kopi.

“Kami terus melakukan industri hilirisasi kopi mulai dari pengembangan kualitas biji, pemanfaatan batang kopi dan kulit kopi. Langkah keempat Pemprov hadir melalui pengembangan kelembagaan sehingga ada penguatan ekonomi di petani pada saat panen sehingga ada jaminan pemerintah,” katanya.

Selain didukung oleh Gubernur Ridho melalui Balitbangnovda kegiatan pengembangan ini didukung Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, BPTP Kementan, Unila, IPB, Puskoka Jember, Nestle, Kabupate Lambar, Tanggamus, dan Way Kanan.

Sebelumnya, pada 2015 lalu Provinsi Lampung juga meraih prestasi di ajang serupa berkat pengembangan budidaya Kambing Saburai, Beras Siger,  dan Ayam Probiotik.

BACA: Pemprov Lampung Terima Anugerah Iptek Budhipura