Beranda News Pertanian Lampung Tengah Canangkan Percepatan Pembangunan Pertanian

Lampung Tengah Canangkan Percepatan Pembangunan Pertanian

225
BERBAGI
Bupati Lamteng A.Pairin membuka acara Perhitani 
Bupati Lamteng A.Pairin membuka acara Perhitani 

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Lampung Tengan Ahmad Pairin menegaskan pencanangan percepatan pembangunan partanian merupakan upaya mendorong semangat kita membangun sektor pertanian yang maju.

Penegasan itu disampaikan Bupati Ahmad Pairin  pada acara Pencanangan Percepatan Pembangunan Pertanian, Perikanan Dan Kehutanan di Kabupaten Lampung Tengah yang dirangkai dengan Pengukuhan DPD Perhiptani Lampung Tengah periode 2014 – 2019, di Sesat Agung Gunungsugih, Lampung Tengah, Kamis (27/11/2014).

Sektor pertanian, tegas Pairin,  memiliki peran besar dalam penyediaan pangan yang di tunjukan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan penyediaan bahan baku industri. Sektor pertanian juga berperan dalam meratakan pembangunan melalui upaya pengentasan kemiskinan dan perbaikan pendapatan masyarakat.

Itulah sebabnya, pencanangan percepatan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan sangat perlu dikembangkan oleh Pemerintah Daerah. Pencanangan ini menunjukkan bagian dari tanggung jawab pembangunan oleh Pemerintahan dan masyarakat. Mengingat 70% penduduk Lampung Tengah bermata pencaharian pada sektor pertanian, perikanan dan kehutanan.  Oleh karenanya sektor pertanian merupakan sektor penting dalam perekonomian di Kabupaten Lampung Tengah.

”Masyarakat Kabupaten Lampung Tengah mayoritas mata pencahariannya adalah bertani. Berarti sukses atau tidak, miskin atau tidak rakyat Lampung Tengah ada ditangan kita semua,”katanya.
Saat ini di Lampung Tengah terdapat 76 ribu Ha kawasan pertanian sawah, 52 ribu Ha diantaranya menggunakan irigasi teknis dan sisanya 24 ribu Ha adalah sawah tadah hujan.

Untuk mendukung sektor pertanian tanaman pangan khususnya padi sawah, menggunakan pengairan irigasi teknis, yakni irigasi Way Sekampung yang memanfaatkan air sungai Way Sekampung melalui Bendung Argo Goro, dan memanfaatkan air Way Seputih melalui bendung Bumi Aji. Dari Bendung Argo Goro dapat mengairi sawah seluas 38 ribu Ha, dan Way Seputih mengairi 14 ribu Ha sawah, ini kalau kondisi bendung airnya sempurna.

Dari irigasi Way Seputih pada awal pembangunan Bendung di canangkan untuk mengairi lahan sawah seluas 25 ribu HA. Namun, akibat sidementasi yang tinggi saat ini hanya mampu mengairi 14 ribu lahan sawah, itu pun tidak semua lahan bisa digarap dua kali dalam setahun. ”Kalau musim rendeng lahan sawah bisa ditanamani semua sedang musim gadu hanya 30 persen saja yang bisa ditanami padi. Kami berharap Perhiptani Provinsi Lampung bisa mengkomunikasikan ke pusat untuk perbaikan bendung Way seputih,”katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPW Perhiptani Provinsi Lampung Ir.MS Joko Umar Said melantik pengurus DPD Perhiptani Kabupaten Lampung Tengah periode 2014-2015, dengan menyematkan pin secara simbolis kepada Ketua DPD Perhiptani Lampung Tengah Ir.Zulkifli dan Sekretaris DPD Perhiptani Lampung Tengah Jumali, SP, MIP.

 

Loading...