Lampung Timur dan Lampung Utara akan Segera Mimiliki Wakil Bupati

  • Bagikan
Drs. Tauhdi, M.M.

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dan Lampung Timur (Lamtim) tidak lama lagi memiliki wakil bupati (wabup). Dua pemerintah kabupaten itu  telah mengajukan nama calon wabup kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. Saat ini usulannya sedang diproses di Pemprov Lampung.

“Senin siang Pemkab Lamtim dan Lampura sudah mengirimkan nama-nama calon wabup. Pemprov Lampung akan mempelajari terlebih dahulu dokumentasi yang diajukan, serta melakukan tes kelayakan, seperti mengkaji pangkat golongan calon wabup, mengerti tentang tata kelola pemeritahan, dan sebagainya. Karena itu syarat utama untuk duduk menjadi wakil bupati,” kata  Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Lampung, di Balai Keratun, Rabu (14/1).

Menurut Tauhidi, berdasarkan laporan Biro Otonomi Daerah, pihaknya telah menerima 3 nama bakal calon wabup, dua untuk Lamtim dan 1 Lampura. Namun, Tauhidi belum mau menyebutkan nama-nama tersebut.

“Sekarang masih kani pelajari dulu, nanti setelah ditanda tangani gubernur baru kita publikasikan,” kata dia.

Diterangkan mantan Kepala Dinas Pendidikan Lampung ini, jika calon wabup berasal dari kalangan Pegawai Negeri Sipil, pertama yang dilihat adalah pangkat dan golongan. Sementara yang berlatar belakang politisi, akademisi atau swasta, maka calon harus mengerti tata cara dan aturan memimpin dan mengelola pemerintahan.

“Kalau PNS sudah mengerti pemerintahan dan sudah biasa melayani publik, jadi golongannya minimal IV/B atau eselon II/B,” jelasnya.

Dikatakan Tauhidi, setelah dilakukan verifikasi data dan memenuhi syarat, selanjutnya nama-nama tersebut diajukan ke gubernur untuk diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri, dan dibuatkan surat keputusan serta pelantikan Wabup.

  • Bagikan