Lampung Utara Kembali Jadi Zona Merah Covid-19

  • Bagikan
Ilustrasi virus Corona/Foto: Pixabay

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Bak wahana permainan roller coaster, status Lampung Utara yang sepekan sebelumnya turun ke zona oranye Covid-19, kini kembali naik ke zona merah.

Pelaksana Tugas Ke‎pala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Natalia Manan ketika dikonfirmasi, Selasa (3/8/2021) sekitar pukul 19.36 WIB membenarkan jika Lampung Utara kembali ditetapkan sebagai zona merah Covid-19. Zona itu ditetapkan sejak tanggal 1 Agustus lalu.

“Status zona merah itu berdasarkan hasil penilaian Satgas Covid-19 pusat sejak tanggal 25 Juli – 1 Agustus,” terangnya.

Seperti yang sudah – sudah, Maya mengatakan bahwa kenaikan status itu dikarenakan pelbagai faktor. Secara garis besar, kenaikan status itu akibat banyaknya warga yang terkonfirmasi positif termasuknya banyaknya warga yang meninggal akibat Covid-19.

“Secara umum, ada kenaikan kasus konfirmasi positif dan yang meninggal dunia,” kata dia.

Maya mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, hanya Kabupaten Waykanan dan Mesuji saja yang berstatus zona oranye di Provinsi Lampung. Daerah di luar kedua kabupaten ‎itu seluruhnya berstatus zona merah.

“Zona merah Covid-19 merupakan daerah yang penyebaran virusnya tidak terkendali, sedangkan zona oranye adalah daerah yang memiliki risiko tinggi dalam penyebaran dan terdapat potensi virus tidak terkendali,” urainya.

Berdasarkan data yang ada, sejak tanggal 25 Juli – 1 Agustus ditemukan 262 orang warga Lampung Utara yang terpapar SARS-CoV-2 dengan 14 di antaranya meninggal dunia. Jumlah warga yang terpapar paling banyak ‎ditemukan pada tanggal 31 Juli.

Untuk jumlah pasien yang meninggal dunia paling banyak ditemukan pada tanggal 27 Juli dan 1 Agustus. Rinciannya, lima orang di tanggal 27 Juli, dan lima orang lainnya di tanggal 1 Agustus.

Meski jumlah warga yang terpapar di rentang waktu itu mencapai 262 orang, namun kasus – kasus positif dan pasien yang meninggal‎ dunia hanya ditemukan di tanggal 27, 28, 29, 31 Juli, dan 1 Agustus saja. Sementara di tanggal 25, 26, 28, 30, sama sekali tidak ditemukan kasus positif.

Hingga kini, total warga Lampung Utara yang positif terpapar Covid-19 berjumlah 3.305 dengan 126 di antaranya meninggal dunia. Untuk jumlah pasien yang sembuh atau selesai menjalani isolasi berjumlah 2.032 orang.‎

  • Bagikan