Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Lampura akan Miliki Kawasan Wisata Terpadu

Lampura akan Miliki Kawasan Wisata Terpadu

723
BERBAGI
Bendungan Tirta Sinta di Lampung Utara
Bendungan Tirta Sinta di Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dalam waktu dekat Lampung Utara bakal memiliki sebuah kawasan wisata terpadu. Saat ini, Pemkab sedang mencari lahan untuk merealisasikan gagasan tersebut.

“Miniatur kawasan wisatanya sudah kami buat. Saat ini, kami sedang fokus mencari titik ‎yang tepat untuk pembangunannya,” kata Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperum KP), Adrian Nadirsyah, kepada sejumlah wartawan, Minggu (25/3/2018).

Sementara ini, ada dua pilihan lokasi pembangunan kawasan wisata tersebut, yakni ‎di Jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara atau Jalan Soekarno – Hatta, Kotabumi. Namun hingga kini masih belum ditemukan titik yang tepat untuk pembangunan kawasan itu.

Sebab, menurutnya, luas lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan kawasan wisata terpadu cukup luas, yakni mencapai luas 1,5 hektar hingga 2 hektar. Di kawasan ini ‎akan dibangun tugu taman, jajanan serba ada, wisata kuliner, tempat bermain anak, taman lansia, area olahraga, area panjat dinding, lapangan futsal, area bermain skate board, area bermain sepatu roda, sclupture (seni ukir) lambang olahraga, sclupture aksara, tempat bagi disabilitas, serta tempat ibadah.

BACA: Bendungan Tirta Shinta Kini Jadi Tempat Wisata Mengasyikkan di Lampung Utara

“Kawasan wisata ini diperuntukkan bagi segala umur mulai dari anak – anak, remaja, orang tua, dan disabilitas. Untuk anggaran pembangunan sudah dipersiapkan,” kata dia.

‎Adapun alasan pembangunan kawasan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sarana dan prasarana pada sejumlah objek wisata yang ada. Objek wisata seperti bendungan Wayrarem dan bendungan Tirta Sinta yang selama ini cukup digandrungi warga juga terlihat masih memiliki banyak keterbatasan.

Sementara, objek wisata alam lain seperti air terjun juga masih membutuhkan proses yang cukup panjang untuk dapat benar – benar dinikmati warga. ‎Pihaknya ‎akan menggandeng para pengusaha lokal maupun luar untuk turut menghidupkan dan mengembangkan kawasan jika telah selesai dibangun.

“Nantinya, para pelaku usaha lokal maupun lokal akan kami gandeng untuk mengembangkan kawasan ini,” jelasnya.

Loading...