Lampura Zona Merah Covid-19, Ada 275 kasus Positif dalam Sepekan Terakhir

  • Bagikan
Ilustrasi virus Corona/Foto: Pixabay

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Seperti yang telah diprediksi sebelumnya, Lampung Utara akhirnya ditetapkan sebagai zona merah Covid-19 oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Indonesia. Zona merah Covid-19 ini sebagai imbas dari ledakan kasus selama sepekan terakhir ini.

“Status Lampung Utara kini naik dari zona oranye menjadi zona merah,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Selasa (5/7/2021).

Perubahan status ini berdasarkan penilaian Satgas Pusat sejak tanggal 27 Juni – 4 Juli lalu. Penilaian itu didasari oleh tiga kriteria : epidemiologi, pengawasan, dan pelayanan kesehatan. Epidemiologi itu di antaranya meliputi sebaran kasus positif dan pasien yang meninggal.

Untuk kriteria pelayanan kesehatan dilihat dari tingkat ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di rumah sakit. Sebelum mendapat penambahan, ketersediaan tempat tidur pasien ‎telah melebihi ambang batas dari organisasi kesehatan dunia atau WHO.

“‎Ambang batas dari WHO itu 60 persen, sedangkan ketersediaan tempat tidur kita saat itu di atas 8 persen,” kata dia.

Sementara untuk kriteria pengawasan, Dian Mauli mengatakan, proses pemantauan yang dilakukan oleh Satgas Covid-19 Lampung Utara. Pengawasan itu meliputi ‎penelusuran, melakukan tes terhadap warga.

“‎Hingga tanggal 11 Juli mendatang, status ini masih berlaku. Setelah tanggal tersebut, nanti Satgas pusat yang akan memberikan penilaiannya kembali apakah tetap dengan zona ini atau malah sebaliknya,” papar dia.

‎Sejak tanggal 27 Juni – 4 Juni, total warga Lampung Utara yang positif Covid-19 mencapai 275 orang. Sementara pasien yang meninggal dunia di rentang waktu itu mencapai 13 orang.

Secara keseluruhan, total kasus Covid-19 Lampung Utara berjumlah 2.252 orang. Dengan rincian, 1.681 orang selesai isolasi, 81 orang meninggal dunia, dan sisanya sedang menjalani isolasi.

  • Bagikan