Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Lapak Pedagang di Jalan Jenderal Sudirman Kotabumi akan Kembali Dibongkar

Lapak Pedagang di Jalan Jenderal Sudirman Kotabumi akan Kembali Dibongkar

115
BERBAGI
Suasana penertiban pedagang yang berjualan di bahu jalan atau trotoar di Kotabumi, Senin (3/9/2018).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Satuan Polisi Pamong Praja Lampung Utara menegaskan akan kembali membongkar lapak para pedagang yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Soekarno – Hatta, Kotabumi.

“Jika memang tiga kali teguran tertulis sudah kami layangkan tapi para pedagang tidak juga digubris maka terpaksa akan kami tertibkan,” tegas Pelaksana Tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Doni F. Fahmi, di kantor, Selasa (6/11/2018).

Surat ‎teguran ini, menurut Doni, berisikan permintaan pembongkaran lapak dagangan secara sukarela kepada para pedagang kaki lima yang berdagang di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Soekarno-Hatta. Dasar teguran ialah Peraturan Daerah (Perda) Nomor 08/2009 Tentang Ketentuan Umum Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban di dalam wilayah Kabupaten Lampung Utara.

“Para personil kami telah memberikan surat itu kepada para pedagang yang berdagang di dua jalan tersebut,” katanya.

Selain untuk menjalankan amanat perda, Doni juga mengatakan, penertiban ini dimaksudkan untuk menyambut penilaian piala Adipura pada tahun 2019. Pada tahun 2017 silam, Lampura pernah meraih piala Adipura.

“Penertiban ini juga dalam rangka menyambut penilaian piala Adipura pada tahun 2019 mendatang,” terang dia.

‎Doni juga meminta para pedagang untuk tidak salah mengartikan kebijakan yang akan mereka ambil seputar penyelesaian permasalahan pedagang kaki lima sebagai sebuah larangan dalam mencari nafkah. Sepanjang lokasi berdagang mereka sesuai dengan aturan maka pihaknya tidak akan melakukan penertiban.

“Pemkab sangat mendukung sekali usaha warga dalam menggerakan roda perekonomian tapi dengan tetap mengedepankan keindahan kota,” katanya.

Loading...