Laporan Keuangan, Anggota DPD Apresiasi Status WTP Pemkab Lampura

  • Bagikan
Suasana kunjungan kerja anggota DPD RI, Andi Surya bersama para petinggi Pemkab Lampung Utara.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Andi Surya, menilai peningkatan status laporan keuangan Pemkab Lampung Utara dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) layak mendapat apresiasi.

Apalagi, kata Andi, capaian ‎predikat WTP itu didapat hanya dalam rentang waktu dua tahun sejak Agung Ilmu Mangkunegara memimpin sebagai Bupati. Di era pemerintahan sebelumnya, laporan keuangan Pemkab belum pernah mendapat predikat WTP alias mentok di WDP.

“Kerja keras Pemkab dalam laporan keuangan sehingga menyebabkan terjadi peningkatan WDP ke WTP layak diapresiasi,” kata Andi saat menggelar pertemuan dengan para petinggi Pemkab, di Aula Siger kantor Pemkab, Selasa (10/1/2017).

Lantaran upaya meraih WTP dalam laporan keuangan tak mudah, Andi berharap Pemkab tak terlena dengan capaian tersebut sehingga dapat terus mempertahankannya. Peranan Tim Tuntutan Perbendaharaan (TP) dan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) juga harus lebih maksimal agar kerugian di daerah dan masalah aset dapat diselesaikan dan tak menjadi pengganggu dalam mempertahankan predikiat WTP.

“TP dan TPGR harus lebih maksimal sehingga dapat menyelesaikan persoalan kerugian daerah dan aset,” pesannya.

Di lain sisi, Wakil Bupati Sri Widodo mengatakan, predikat WTP dalam laporan keuangan Pemkab 2015 hasil kerja keras semua pihak ini dapat menjadi motivasi tambahan setiap instansi dalam mewujudkan visi dan misi Lampung Utara. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat akan dapat segera diraih.

“Semoga visi dan misi Lampung Utara menuju aman, maju, sejahtera, agamis dan bermartabat yang bermuara pada kesejahteraan dapat segera tercapai,” harap dia.

  • Bagikan