Beranda Ruwa Jurai Mesuji Laporan Keuangan, Pemkab Mesuji Kembali Raih WTP dari BPK-RI

Laporan Keuangan, Pemkab Mesuji Kembali Raih WTP dari BPK-RI

318
BERBAGI
Bupati Mesuji, Khamami (kanan), menerima dokumen hasil pemeriksaan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kepala BPK RI Perwakilan Lampung, Selasa (7/6).

MESUJI, Teraslampung.com — Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Lampung menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Mesuji Tahun Anggaran 2015. Dalam LHP tersebut, Pemkab Mesuji kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini merupakan kali kedua meraih predikat tersebut secara berturut-turut.

Penyerahan LHP dilakukan langsung oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Lampung, Sunarto kepada Bupati Mesuji, Khamami dan Ketua DPRD Kabupaten Mesuji, Fuad Amrulloh di Ruang Pelatihan BPK-RI Perwakilan Lampung, Bandarlampung, Selasa (07/06/2016).

Hadir pula pada acara penyerahan tersebut, antara lain, Wakil Bupati Mesuji Ismail Ishak, Wakil I DPRD Musholi Rais, Wakil Ketua II Iwan Setiawan, Sekretaris Daerah Rizal Fauzi, dan para pejabat struktural.

Bupati Khamami mengucapkan terima kasih kepada BPK-RI Perwakilan Provinsi Lampung atas hasil pemeriksaaan pengelolaan keuangan Pemkab Mesuji.

“Predikat WTP ini semoga semakin memacu kami untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan keuangan Pemkab Mesuji,” katanya.

Menurut Bupati Khamami, keberhasilan mempertahankan opini WTP ini merupakan salah satu bukti kerja nyata yang dilakukan Pemkab Mesuji dalam mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang semakin baik dari waktu ke waktu.

“Predikat WTP ini menggambarkan bahwa pengelolaan keuangan di Kabupaten Mesuji secara umum telah sesuai dan taat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta sistem pengendalian internal (SPI) telah berjalan dengan cukup baik, serta dukungan kerjasama dan sinergi yang baik dari DPRD Kabupaten Mesuji selama ini, serta seluruh jajaran SKPD,” ujarnya.

Pada Tahun Anggaran 2015, seiring dengan kewajiban Pemerintah Daerah melaksanakan Sistem Akuntansi Berbasis Akrual sesuai dengan PP Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, Pemkab Mesuji berbenah dan melakukan sejumlah perbaikan, pada sisi regulasi, peningkatan kualitas SDM, dan peningkatan sarana dan prasarana kerja.

Dalam setiap kesempatan selalu dirinya selalu mengingatkan kepada Kepala SKPD dan jajaran pengelola keuangan daerah untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan senantiasa menjauhi kesalahan dalam pengelolaan keuangan daerah, serta berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.