Lazis Muhammadiyah Lampung Kumpulkan Dana Rp1 Miliaran untuk Bantu Rakyat Palestina

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sadaqah  (Lazismu) Muhammadiyah Lampung mengumpulkan sumbangan Rp 1.091.082.191 per tanggal 27 Oktober 2023, untuk membantu rakyat Palestina.

Penggalangan dana tersebut akan disalurkan melalui Lazismu Pimpinan Pusat Mihammadiyah.

Menurut Manajer Area Lazismu Wilayah Lampung, Banun Amariyah, jumlah ini merupakan akumulasi hasil penghimpunan yang dilakukan oleh Kantor Lazismu se-Provinsi Lampung. Bahkan, menurutnya, hingga saat ini, proses penggalangan dana masih terus dilakukan oleh Kantor Lazismu Daerah dan Kantor Layanan Lazismu.

“Kami menargetkan pada tanggal 31 Oktober 2023 seluruh Kantor Lazismu se-Provinsi Lampung sudah melakukan penyetoran tahap 1 ke rekening Lazismu Wilayah,” jelas Banun Amariyah, Sabtu 28 Oktober 2023.

Pada Jumat 27 Oktober 2023, Lazismu Wilayah Lampung telah melakukan setoran tahap 1 ke rekening Lazismu Pusat sebesar Rp 250.000.000. Karena penghimpunan dana kemanusiaan Palestina dikoordinasikan satu pintu melalui Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan selanjutnya Lazismu Pusat akan mendistribusikan melalui Muhammadiyah Aid.

“Muhammadiyah Aid sendiri adalah program inisiatif Muhammadiyah untuk membantu masalah-masalah kemanusiaan internasional, seperti bencana alam, kelaparan, konflik sosial dan peperangan”, jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa di dalam tim Muhammadiyah Aid tersebut, selain LAZISMU sebagai lembaga resmi milik Muhammadiyah yang bertugas melakukan penggalangan dana, terdapat juga Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Emergency Medical Treatment (EMT), yaitu sebuah branding medical treatment skala internasional kebanggaan Muhammadiyah yang mendapat ijin dari WHO untuk dapat turun membantu setiap bencana yang terjadi di dunia.

“Perlu diketahui bahwa tidak semua negara dapat turun membantu bencana kemanusiaan di dunia, nah Muhammadiyah sudah mengantungi ijin tersebut,” katanya.