Beranda Hukum Ledakan Keras di Bandarlampung: BB Diduga Bahan Peledak Disita, Empat Orang...

Ledakan Keras di Bandarlampung: BB Diduga Bahan Peledak Disita, Empat Orang Diamankan Polisi

698
BERBAGI
Waka Polda Lampung, Brigjen Pol Angesta Romano Yoyol

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Wakil Kepala Polda Lampung, Kombes Pol Angesta Romano Yoyol, mengatakan ledakan yang terjadi di rumah di Jalan Bung Tomo, Kelurahan Gedong Air, Tanjungkarang Barat, pada Minggu (24/9/2017) siang tadi bukanlah sebuah teror.

“Kejadian ledakan siang tadi bukanlah suatu teror, melainkan adanya ledakan yang masih dalam penyelidikan. Dari kejadian ini, diamankan empat orang. Mereka masih dalam proses pemeriksaan petugas,”ujarnya, kepada awak mediam di Mapolresta Bandarlampung, Minggu (24/9/2017) malam

Menurutnya, empat orang yang diamankan tersebut, berinisial MZ alias Mus bersama dua orang istrinya Au dan R , serta anaknya, Ahw.

“Ke empat orang yang diamankan ini masih berstatus sebagai saksi, Mereka masih dilakukan pemeriksaan guna penyelidikan lebih lanjut,”ungkapnya.

Mengenai keterlibatan empat orang tersebut dalam  ledakan tersebut, kata Wakapolda Lampung, pihaknya masih mendalami apa keterkaitannya, barang bukti yang ditemukan dan dari mana asal-usul ledakan tersebut.

“Mengenai ledakan itu, masih dilakukan pendalaman. Kami belum dapat memastikan apakah benar ledakan itu berasal dan bahan peledak atau bukan,”jelasnya.

Saat disinggung mengenai adanya beberapa barang bukti yang disita diduga digunakan sebagai bahan bahan peledak pembuat bom rakitan, Kombes Pol Angesta Romano Yoyol menegaskan pihaknya belum dapat memastikan mengenai hal tersebut.

Menurut Wakapolda,  barang bukti yang diamankan dari dua lokasi, belum bisa dikatakan benar sebagai bahan peledak atau bukan.

“Kita tunggu hasilnya nanti setelah dilakukan pengeceka  dan identifikasi terhadap barang-barang yang disita tersebut,”ujarnya.

Langkah yang dilakukan kedepan, kata Waka Polda Lampung ini, mencari penyebab hingga terjadinya ledakan, mencari barang bukti dan darimana dia (MZ) mendapat barang-barang tersebut.

“Kalau hasil penyelidikan malam ini nanti ada perkembangan, akan kita informasikan kembali,”ungkapnya.

Waka Polda Lampung memaparkan, bahwa penggeledahan yang dilakukan pihaknya di rumah MZ di Jalan Ikan Sepat Gang Mangga, Kelurahan Pesawahan, Telukbetung Selatan, sebagai tindaklanjut terjadinya ledakan di Jalan Bung Tomo, Keluarahan Gedong Air, Tanjungkarang Barat yang terjadi Minggu (24/9/201) siang tadi.

“Dari penggeledahan tersebut, kami juga menyita sejumlah barang bukti, selain itu juga mengamankan seorang wanita berinisial R, diduga istri pertama dari MZ. Kalau MZ alias Mus sudah diamankan siang tadi, taklama setelah terjadinya ledakan,”terangnya.