Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Lelang 33 Unit Mobil Dinas Pemkab Lampura Hasilkan Rp 1,3 Miliar

Lelang 33 Unit Mobil Dinas Pemkab Lampura Hasilkan Rp 1,3 Miliar

1207
BERBAGI
Suasana lelang mobil dinas Pemkab Lampung Utara di Gedung Serba Guna Kompleks Islamic Center Kotabumi, Kamis (17/12).

‎Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–Lelang kendaraan dinas roda empat yang dilakukan Pemkab Lampung Utara melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Kamis (17/12) menghasilkan Rp1,3 Miliar. Besaran nilai itu didapat dari hasil penjualan 33 unit dari 49 unit kendaraan dinas ‎yang dilelang.

“Total uang yang didapat dari pelelangan 33 unit mobil dinas kali ini Rp1,3 Miliar,” kata Kepala Bidang Investasi Aset Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA), M. Antoni usai pelelangan di Gedung Serba Guna, Kompleks Islamic Center Kotabumi, Kamis (17/12).

Menurut M. Antoni, tak seluruhnya kendaraan dinas yang dilelang kali ini habis terjual. Sedikitnya terdapat 16 unit mobil dinas yang sepi peminat. Ke-16 mobil tersebut akan kembali dilelang pada lelang berikutnya. “Ada 16 unit mobil yang sepi peminat. Kami akan lelang kembali pada pelelangan berikutnya,” tuturnya.

Adapun dasar hukum lelang, menurut dia, yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 17 tahun 2007 tentang pedoman teknis pengelolaan barang milik daerah dan Peraturan Pemerintah nomor 27 tahun 2014 tentang pedoman pengelolaan barang milik negara/daerah. Sedangkan kriteria kendaraan yang diperbolehkan untuk dilelang ialah usia kendaraan harus minimal 5 tahun, telah memiliki kendaraan pengganti dan biaya operasional lebih besar ketimbang biaya pemeliharaan dinas.

“Dalam pelaksanaan lelang ini, kami bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan dan Lelang Negara (KPKNL) Metro selaku ‎lembaga yang ditunjuk negara untuk melakukan penilaian dan lelang,” paparnya.

Pejabat lelang KPKNL Metro, Endratno menuturkan para pemenang lelang diberi waktu lima hari untuk melunasi pembayaran kendaraan yang mereka menangkan. Pelunasan pembayaran dilakukan dengan cara transfer ke rekening penampungan lelang KPKNL Metro.

“Dasar penilaian harga lelang dari setiap mobil dilihat dari harga pasar dan dari kondisi fisiknya oleh tim penilai‎ dari KPKNL Metro,” ‎urai dia.

Pantauan selama di lokasi, dua unit mobil dinas mantan Bupati Hairi Fasyah dan Zainal Abidin yakni Toyota Camry tahun 2005 dengan plat BE 17 J dan Mitsubishi Pajero Sport tahun 2009 dengan plat BE I J laku terjual dengan harga Rp 86.500.000 dan Rp218.000.000.