Lelang Jabatan Pemkab Lampung Utara, Satu Jabatan ‘Hangus’

Kantor Pemkab Lampung Utara. Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana
Kantor Pemkab Lampung Utara. Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dari ke-7 jabatan yang dilelang oleh Pemkab Lampung Utara, satu di antaranya dipastikan tidak dapat dilanjutkan ke tahapan berikutnya. Jabatan tersebut adalah jabatan Asisten Admnistrasi Umum.

“Jabatan administrasi umum tidak dapat dilanjutkan ke tahapan selanjutnya,” kata Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia/BKPSDM Lampung Utara mewakili Kepala BKPSDM Lampung Utara, Martahan Samosir, Minggu (1/01/2023).

Adapun alasannya dikarenakan untuk posisi tersebut hanya ada dua peserta saja yang dinyatakan lulus dalam proses seleksi administrasi. Berdasarkan pasal 127 ayat 1 dalam Peraturan Pemerintah/PP nomor 11 tahun 2017 sebagaimana diubah dalam PP nomor 17 tahun 2020, kondisi seperti itu tidak dapat dilanjutkan ke tahapan berikutnya.

“Karena memang aturannya seperti itu maka tahapan untuk jabatan Asisten Administrasi Umum terpaksa dihentikan,” paparnya.

Herman menuturkan, meskipun dihentikan tahapannya, namun jabatan Asisten Administrasi Umum masih dapat diisi melalui jalur uji kompetensi. Untuk kapan waktu pelaksanaannya, ia tidak menjelaskannya.

“Bisa lewat jalur seleksi terbuka atau uji kompetensi,” terang dia.

Ia mengatakan, untuk jabatan yang paling banyak diincar oleh para peserta ialah jabatan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Total ada tujuh peserta yang akan ikut dalam uji kompetensi usai seleksi administrasi. Jabatan kedua terbanyak peminatnya ialah jabatan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan. Kedua jabatan itu masing-masing diikuti oleh lima peserta.

“Para peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi saat ini sedang mengikuti uji kompetensi yang dilakukan sejak Sabtu hingga Minggu ini,” kata dia.

Dalam seleksi terbuka jabatan kali ini terdapat hal yang menarik. Itu dikarenakan keikutsertaan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Utara, Maryadi. Yang bersangkutan sendiri merupakan adik ipar Bupati Budi Utomo.

Maryadi menyasar jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Ia akan bersaing dengan tiga peserta lainnya untuk jabatan tersebut. Dua dari tiga pesaingnya itu berasal dari instansi yang sama dengannya.