Metro  

Libatkan Puluhan Sekolah, Kota Metro Gelar Festival Hijau

Bagikan/Suka/Tweet:
TERASLAMPUNG.COM — Forum Komunitas Hijau kota Metro menyelenggarakan Festival Hijau 2013, 17 November 2013 di Taman Kota Metro. Kegiatan yang bertujuan mengampanyekan kegiatan terbuka di ruang terbuka hijau tersebut diikuti 37 sekolah tingkat SD,SMP,adan SMA se-kota Metro.Dalam sambutannya,Walikota Metro Lukman Hakim berharap Festival Hijau dapat diselenggarakan setiap tahun di kota Metro. Dengan demikian, kata Lukman, generasi muda bisa lebih banyak belajar peduli terhadap lingkungan sekitar dan kepada seluruh lapisan masyarakat bersama dengan pemerintah dapat bekerjasama dalam mewujudkan kota Metro menjadi Kota Pendidikan yang hijau,sehat, dan bersih.

“Kota Metro harus bisa memenuhi kebutuhan ruang terbuka hijau yang ideal bagi sebuah kota. Untuk itu, perlu upaya serius, kerja keras, dan pelibatan publik. Termasuk keterlibatan para pelajar dan sekolah-sekolah,” kata Lukman.

Panitia koordinasi publikasi, Michael Suyono,S.IP, menjelaskan ada beberapa faktor Forum Komunitas Hijau menyelenggarakan acara tersebut diantaranya Undang-Undang No.26 tahun 2007 , tentang Tata Ruang, UU nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,Peraturan Pemerintah Nomor 68 tahun 2010 tentang Bentuk dan Tata Cara Peranserta Masyarakat dalan Penataan Tata Ruang.

Michael Suyono mengatakan saat ini kondisi Ruang terbuka Hijau (RTH) Kota Metro berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan data citra satelit, besannya baru 15,36 %  atau sebesar 1.056,15 Ha dari wilayah Kota Metro 6.874 Ha. Untuk memenuhi kebutuhan RTH publik yang ideal di Kota Metro masih membutuhkan lahan sebesar kurang lebih 650 Ha dan RTH privat membutuhkan lahan sebesar kurang lebih 300 Ha. (Rasio/RL)