Beranda News Wisata Libur Lebaran di Lampung, Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Pantai Ini

Libur Lebaran di Lampung, Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Pantai Ini

1166
BERBAGI
Pantai Pulau Pahawang

TERASLAMPUNG.COM — Jika Anda mudik ke Lampung, liburan  Lebaran Idul Fitri sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Ada baiknya selain silaturahmi dengan kerabat dan para tetangga, liburan Lebaran juga dimanfaatkan untuk menikmati keindahan beberapa tempat wisata di Lampung.

Wisata pantai menjadi salah satu pilihan menarik. Jika Anda berada di Bandarlampung, sejumlah tempat wisata pantai bisa Anda datangi bersama keluarga. Yang terdekat tentu saja adalah wisata pantai di kawasan Teluk Lampung dan sekitarnya.

Beberapa tempat wisata pantai tersebut adalah:

1.Pantai Mutun

Ini adalah tempat wisata pantai yang paling dekat dengan Kota Bandarlampung. Pantai Mutun terletak 9 km atau sekitar 45 menit dari pusat kota Bandarlampung. Pantai ini  menawarkan keindahan alam panorama pantai berpasir putih yang masih alami menghadap Teluk Lampung.

Terletak di Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin, dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 20 menit dari Telukbetung,Bandarlampung.

Fasilitas rekreasi yang tersedia di sini antara lain pondokan, penyewaan perahu, kano, banana boat serta arena outbound dan berkemah di Pulau Tangkil.

Pulau ini dapat ditempuh sekitar 15 menit, memiliki luas kurang lebih 12 hektar dengan fasilitas berupa penginapan, agro wisata, watersport, kendaraan ATV dan arena outbound.

2.Pantai Klara

Berada di Teluk Lampung, Pantai Klara berjarak sekitar 22 dari pusat kota Kota Bandarlampung,

Nama Klara diambil dari kependekan dari Kelapa Rapat. Tempat ini dikelola oleh Angkatan Laut. Seperti namanya, di kawasan pantai ini terdapat banyak pohon kelapa. Karena jaraknya rapat,pohon-pohon kelapa di kawasan ini Dimana lokasi pantai ini membentuk kanopi atau peneduh bibir pantai.

Ombaknya tak terlalu besar, sehingga memberikan rasa aman bagi pengunjung. Pasir putih yang mendominasi pantai ini merupakan panorama alam yang sangat menakjubkan. Melewati gerbang pangkalan TNI AL dan dermaga di sekitar Padang Cermin (lihat gambar), kita harus bersiap-siap tiba di lokasi. Disambut oleh pantai indah yang pertama yaitu Klara II kemudian Klara 2 pantai yang dimaksud. Setiap mobil dikenakan tiket masuk Rp. 25.000 tanpa memperhitungkan jumlah penumpang. Jelas lebih murah dari pantai-pantai yang lain.

Pantai Klara emiliki pasir yang sangat halus dan putih bersih dan bebas krikil.Dari bibir pantai kita bisa melihat pulau-pulau yang berjejer didepan pantai.

Jika akan memanfaatkan gubuk untuk melepas lelah atau makan, pengunjung harus menyewa Rp25 ribu. Jika ingin menyewa kano bisa sewa dengan tarif 15 ribu/jam.

3. Pantai Pulau Pahawang

Pulau Pahawang masuk wilayah Kabupaten Pesawaran. Pulau Pahawang bisa dijangkau dari Dermaga Ketapang. Dari Dermaga Ketapang, perjalanan dengan perahu ke Pulau Pahawang bisa ditempuh kurang dari satu jam

Total luas pulau Pahawang 1,084 ha dihuni oleh sekitar 400 kepala keluarga. Pulau ini dikenal dengan hutan mangrovenya dan pantai pasir putih yang panjang. Pantai pasir yang memanjang akan timbul seperti pulau pasir di Pahawang Lunik bila sedang surut. Pulau ini sering dikunjungi untuk snorkeling atau sekedar santai atau di pasir putih. Keindahan terumbu karang dan ikan laut bisa dilihat hanya beberapa meter dari pinggir pantai.

Kumpulan ikan warna-warni begitu dekat saat menyelami pantai Pahawang. Beberapa jenis terumbu karang yang ada di pulau ini adalah karang jahe, karang kapur, karang otak, karang nanas, karang anemon, dan karang seroja. Jenis ikan yang masih ada di pulau, seperti ikan nyongyong hitam dan kuning, ikan batok biru, ikan tempala, dan ikan naso. Nama ikan dan terumbu karang ini yang biasa digunakan masyarakat Pahawang. Perjalanan menuju pulau Pahawang dapat dicapai melalui Dermaga Ketapang selama 40 menit.

Perjalanan menuju pulau menjadi bagian dari wisata yang sangat menyenangkan. Apalagi jika perjalanan dilakukan menjelang matahari tengelam. Pemadangan sunset menjadi hal yang begitu menyenangkan untuk diabadikan dalam foto.

4. Pulau Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus dapat ditempuh dengan perjalanan laut sekitar 20 menit dari Pelabuhan Ketapang / 10 menit dari Pulau Pahawang pada saat cuaca cerah & gelombang laut kecil. Pulau ini disebut Tanjung Putus dikarenakan pulau ini dahulunya adalah menyatu dengan daratan. akan tetapi karena erosi maka ujung daratan terputus membetnuk pulau yang hanya dipisahkan beberapa meter saja.

Selat kecil yang memisahkan pulau banyak digunakan untuk budidaya ikan laut dalam keramba dikarenakan arus dan ombak yang tenang. Salah satu dermaga menyajikan atraksi ikan yang serta merta berkumpul bila ditaburkan makanan roti kering. Tanjung Putus juga merupakan base camp dari perkumpulan penyelam yang tergabung dalam club Corona Diving.

5. Pulau Tangkil

Pulau Tangkil di Kabupaten Pesawaran, Lampung, sudah lama dikenal sebagai pulau kecil yang eksotis. Kini. Tangkil juga menjadi lokasi wisata yang layak dikunjungi.

Dulu Pulau Tangkil hanya tempat para nelayan di pesisir Lampung singgah untuk sekadar melepas lelah. Kini. di Pulau Tangkil sudah berdiri Pulau Tangkil Resort yang menawarkan aneka permainan sambil menikmati wisata pantai.

Untuk menuju Tangkil Resort cukup waktu kurang dari satu jam dari  dari Kota Bandarlampung. Pada hari libur atau hari besar tertentu, kawasan wisata baru ini selalu padat pengunjung.

Tangkil Resort menyediakan berbagai macam permainan wahana air terlengkap di Indonesia, seperti Banana Boat, Donut, Flying Fish, Band Wagoon, Canno dan Parasailling.

 

6. Pulau Balak, Loh, dan Lunik

Pulau Balak luasnya 32 Ha, Loh 11 Ha, dan Lunik 1 Ha. Ketiga pulau kecil ini letaknya tidak jauh dari Pulau Tanjung Putus. ketiga pulau kecil ini mempunyai pasir pantai yang bersih dan putih. beberapa spot snorkeling terdapat di antara Pulau Balak dan Loh. Dermaga tersedia di Pulau Balak sedangkan di Loh dan Lunik tidak tersedia.

Untuk menjelajah pulau pulau ini pengunjung sebaiknya berangkat dari Dermaga Ketapang kecamatan Padang Cermin Pesawaran. Speed boat atau kapal motor dapat disewa harian untuk menjelajah pulau pulau. Snorkeling, foto underwater atau sekedar santai di pantai pulau pulau tersebut.

Rama Pandu SM/TL/DBS

 

Loading...