Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Libur Natal – Tahun Baru, SAR Lamsel Siagakan Personel di Objek Wisata

Libur Natal – Tahun Baru, SAR Lamsel Siagakan Personel di Objek Wisata

189
BERBAGI
Personel unit siaga SAR Lampung Selatan menggunakan kapal RIB (Rigid Inflatable Boat) melakukan patroli (foto;Ist)
Personel unit siaga SAR Lampung Selatan menggunakan kapal RIB (Rigid Inflatable Boat) melakukan patroli (foto;Ist)

Zainal Asikin | Teraslamung.com

LAMPUNG SELATAN — Untuk mengamankan sejumlah tempat objek wisata bahari di Lampung Selatan pada momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru), Pos Siaga Pencarian dan Pertolongan SAR Lampung Selatan menyiagakan sejumlah personil serta peralatan pendukung penyelematan dibeberapa Posko pengamanan (Pospam).

“Ada sekitar 51 personil SAR Lamsel yang disiagakan untuk momen libur Nataru di sejumlah objek wisata bahari dan objek vital lainnya di Lampung Selatan. Tugas ini mulai dilaksanakan tanggal 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020,”kata Kepala Pos Siaga Pencarian dan Pertolongan SAR Lampung Selatan, Feriansyah melalui pesan WhatsApp kepada teraslampung.com, Kamis (26/12/2019).

Feriansyah mengatakan, puluhan personil SAR tersebut, tersebar di 8 posko siaga Nataru seperti objek wisata Pantai Ketang, Merak Belantung, Pasir Putih dan lainnya. Lalu Bandara Radin Inten II, Pelabuhan Bakauheni dan Posko Mobile di Pelabuhan Panjang. Setiap posko tersebut disiagakan 8 personil, kecuali di Pelabuhan Bakauheni disiagakan 12 personil.

“Jadi selain Bandara Radin Inten II dan Pelabuhan Bakauheni, objek wisata juga disiagakan personil SAR. Karena objek wisata ini juga, banyak dikunjungi masyarakat baik lokal maupun luar daerah,”ujarnya.

Disiagakannya personil SAR di objek wisata pada libur Nataru ini, kata Feriansyah, agar dapat bergerak cepat melakukan antisipasi jika terjadi bencana atau kecelakaan di perairan ataupun didarat. Selain penempatan personil, sejumlah alat pendukung penyelematan juga disiagakan.

“Peralatan yang disiagakan seperti perahu karet, dua set peralatan selam, kapal penyelamat KN SAR Basudewa RIB (Rigid Inflatable Boat) 02 Lampung, Helikopter Basarnas dan peralatan lainnya,”ungkapnya.

Sedangkan untuk Helikopter Basarnas, lanjut Feriansyah, disiagakan di Pelabuhan Bakauheni. Tapi kami tetap akan mengutamakan profesionalisitas, demi menghadirkan rasa aman dan nyaman untuk seluruh masyarakat saat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Selain mendirikan posko, kita juga mobile menggunakan perahu karet ke lokasi wisata. Monitoring juga terus kita lakukan bersama personil lainnya yakni dari TNI AL, Poair, BPBD dan Syahbandar,”terangnya.

Menurutnya, sejumlah tempat objek wisata di Lampung Selatan, mulai ramai dikunjungi masyarakat dan sejauh ini kondisinya masih terpantau aman tidak ada informasi kecelakaan di perairan. Pihaknya terus memantau sejumlah objek wisata bahari di Lampung Selatan tersebut.

Loading...