Beranda Hukum Kriminal Lima Bulan Buron, Pencuri Sepeda Motor Milik Penjual Pecel Lele Dibekuk Polisi

Lima Bulan Buron, Pencuri Sepeda Motor Milik Penjual Pecel Lele Dibekuk Polisi

262
BERBAGI
Tersangka Poniman alias Mamad (kaos putih) tersangka pencurian kendaraan bermotor yang diamankan petugas Unit Reskrim Polsekta Telukbetung Selatan.

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Petugas Unit Reskrim Polsekta Telukbetung Selatan, meringkus Poniman alias Mamad (31), tersangka pencuri sepeda motor milik pedagang pecel lele. Polisi menangkap pemuda warga Desa Purworejo, Negeri Katon, Pesawaran yang buron selama lima bulan itu di tempat kosnya di daerah Pahoman, pada Kamis (25/5/2017) lalu sekitar pukul 15.00 WIB.

Kapolsekta Telukbetung Selatan, Kompol Listiyono Dwi Nugroho, mengatakan petugas menangkap tersangka Poniman alias Mamad, yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) selama lima bulan ini di tempat kosnya di daerah Pahoman.

“Mendapatkan informasi keberadaan tersangka Mamad, petugas langsung memburu dan menangkap tersangka di tempat kosnya,”ujarnya, Senin (29/5/2017).

Saat penangkapan tersangka, petugas tidak menemukan sepeda motor Honda Beat hasil curian milik korban karena sudah dijual ke penadahnya di Gedong Tataan, Pesawaran. Saat ini, petugas masih mencari keberadaan penadahnya dan sepeda motor tersebut.

“Motor korban dijual tersangka Mamad seharga Rp 2 juta dan uang hasil penjualan sudah dihabiskan tersangka untuk berfoya-foya,”ungkapnya.

Mantan Kapolsek Natar, Lampung Selatan, ini mengatakan tersangka Mamad mencuri sepeda motor Honda Beat BE 4379 UO milik korban Dwi Hermawan di warung makan pecel lele di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Sukaraja, Bumi Waras pada Desember 2016 silam.

“Pada saat kejadian pencurian, korban Dwi sedang melayani pembeli yang sedang memesan makanan di warung pecel lele tersebut,”terang alumni Akademi Kepolisian 2004 ini.

Menurutnya, di warung pecel lele itu, tersangka Mamad memang sering menunggu kekasihnya saat pulang kerja, sehingga orang sekitar mengenal tersangka Mamad.

“Tersangka mengenal korban Dwi, yang merupakan karyawan warung makan pecel lele. Karena tersangka sering nongkrong di warung pecel lele tersebut,”paparnya,

Dikatakannya, melihat korban sedang sibuk melayani pembeli, dan kunci kontak motor milik korban berada di atas meja. Tersangka langsung beraksi mengambil kunci kontak motor, dan langsung membawa kabur motor Honda Beat milik korban.

Aksi pencurian Mamad, kata Listiyono, diketahui oleh saksi Rahmat. Kemudian Rahmat memberitahukan kepada korban, bahwa sepeda motornya dibawa lari tersangka. Korban melaporkan aksi pencurian tersebut, ke Mapolsekta Telukbetung Selatan.

“Selama lima bulan dalam pelariannya, keberadaan tersangka diketahui. Saat itu juga, petugas langsung menangkap tersangka Mamad di tempat kosnya,”pungkasnya.

Loading...