Lima Desa-Kelurahan di Lampung Utara Ditetapkan sebagai Zona Merah Covid-19

  • Bagikan
Ilustrasi virus Corona/Foto: Pixabay

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung Utara menetapkan lima daerahnya sebagai zona merah Covid-19. Itu dikarenakannya tingginya jumlah pasien yang terpapar di wilayah tersebut belakangan ini.

Kelima desa atau kelurahan yang menjadi zona merah Covid-19 itu, yakni Kelurahan Kotabumiudik, Kelurahan Kelapatujuh, Desa Sukamenanti, Desa Madukoro, Desa Pungguklama.

“Penyebaran virus corona 2019 di lima lokasi itu saat ini tidak terkendali,” kata Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Selasa (5/4/2021).

Untuk menekan laju penyebaran virus di lima lokasi itu, pihaknya telah menyiapkan skenario yang dapat dilakukan. Skenario itu adalah Pemberlakuan Pembatasan ‎Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

‎PPKM itu harus dilakukan di tingkat RT yang mencakup : menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat, melakukan isolasi mandiri/terpusat dengan pengawasan ketat. Lalu, menutup rumah ibadah, tempat bermain anak, dna tempat umum.

Selanjutnya, pelarangan ‎kerumunan di atas tiga orang, membatasi ke luar – masuk wilayah RT maksimal hingga pukul 20.00 WIB. Meniadakan kegiatan sosial yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Skenario itu yang telah dipersiapkan untuk menekan laju penyebaran virus,” jelasnya.

Di samping menetapkan lima lokasi sebagai zona merah, mereka juga menetapkan zona oranye dan zona hijau. Sembilan desa atau kelurahan telah ditetapkan sebagai zona oranye. Ke-9 desa atau kelurahan itu adalah Desa Mulyorejo II, Desa Isorejo, Desa Negeritulang Bawang, Desa Pagar.

Lalu, Desa Aji Kagungan, Desa Madukoro Baru, Desa Kalibening, Desa Tanjungbaru, dan Desa Kalibalangan. Selanju‎tnya, Kelurahan Kotaalam, Kelurahan Tanjungaman, dan Kelurahan Bukitkemuning. Sementara 198 desa dianggap sebagai zona hijau.

“Zona oranye adalah zona yang penyebaran virusnya terkendali, tapi tetap berpeluang terjadinya transmisi,” papar dia.

Dokter muda ini kembali mengatakan, belakangan ini laju penyebaran virus tidak terkendali. Selalu ditemukan ada warga yang terpapar seperti hari ini. Sedikitnya ‎enam orang yang dinyatakan positif terpapar hari ini. Mereka adalah YS (Kalibening Raya), SY (Sribasuki), JY (Desa Madukoro Baru), NY (Bukitkemuning) dan Ma dari Desa Sidorahayu.

“Total kasus Covid-19 sekarang menjadi 1.472 kasus,” ‎terangnya.

  • Bagikan