Beranda Budaya Pentas Lima Gadis Cantik Ranah Minang Ini Menari di atas Pecahan Beling

Lima Gadis Cantik Ranah Minang Ini Menari di atas Pecahan Beling

219
BERBAGI
Lima gadis penari  dari Grup Tari Gastamarana sedang pentas Tari Piring. 

TERASLAMPUNG.COM--Selama ini para gadis-gadis cantik ranah Minang hampir selalu lemah dengan gerakan lemah lembut saat pentas Tari Piring Piring yang berada di tangan kanan dan kiri akan digerakkan dengan sangat lincah seiring dengan gerakan tubuh dan kaki serta iringan musik. Namun, sebuah grup tari asal Bukittinggi,  Gastarana, beberapa kali menampilkan Tari Piring yang membuat para penonton “ngeri”. Para penari cantik grup tari Gastarana tidak hanya menampilkan Tari Piring dengan gerakan lemah gemulai. Pada paro akhir pertunjukan mereka juga menari di atas pecahan beling. 


Tari yang cukup mengerikan pernah mereka tampilkan saat “Welcome Dinner” Kongres ke-9 AJI di Gedung Tri Arga, Bukittinggi, Sumatera Barat, Jumat , 26 November 2014 lalu.

Sebelum mereka menari di atas pecahan beling, awalnya mereka menari seperti biasa diiringi saluang dan pupuik yang mengalun lembut. Lima gadis Minang masing-masing membawa piring kecil dan tiga piring bertingkat dengan nyala lilin yang ditaruh di kepala dan di lengan mereka.

Menjelang akhir pertunjukan,  diiringi musik dengan irama entakan keras, para gadis penari itu pun  menari di atas pecahan beling. Kaki-kakinya yang lembut tanpa alas terus menginjak-injak pecahan beling.

Tumpukan beling menjadi pusat telapak kakinya terus bergerak mengikuti irama musik yang terus mengentak.Penari itu tampak makin lincah dan tetap dengan gerakan gemulai menari di atas tumpukan pecahan beling

Loading...