Lima Miliader tanpa Ijazah Sarjana

  • Bagikan
Mark Zuckerberg

Jakarta, teraslampung.com–Ijazah dari bangku perguruan tinggi sampai sekarang masih dianggap mampu mendongkrak nasib seseorang. Ada anggapan, dengan menggenggam ijaza sarjana atau master seseorang bisa meraih sukses.

Namun, fakta di pelbagai belahan dunia menunjukkan mereka yang sukses tidak selalu mengantongi ijazah pendidikan tinggi alias kuliah. Ada banyak miliader yang sukses justru karena pernah gagal kuliah.

Berikut delapan orang sukses yang tanpa mengandalkan gelar sarjana.

1. Mark Zuckerberg, perintis dan pengembang media sosial Facebook ini menjadi tokoh penting di dunia maya yang memungkinkan orang dari berbagai belahan dunia menyatu secara jaringan. Facebook yang awalnya hanya menjadi proyek coba-coba di kampus akhirnya berkembang pesat dan berkembang menjadi jaringan sosial terbesar di dunia. Pemilik akun aktif di Facebook hingga kini tak kurang dari satu miliar orang,

Zuckerberg masih sangat belia ketika menemukan Facebook di sela-sela kuliahnya di Harvard University pada 2004. Ia saat itu masih duduk di bangku semester empat (tahun kedua). Ketika keranjingan Facebook dan bertekad mengembangkannya, ia pun kemudian memilih pindah ke Silicon Valley dan bekerja penuh waktu di Facebook. Situs ini sukses meski pertama kali diluncurkan dari kamar asrama pada Februari 2004.

Facebook terus berkembang pesat sejak saat itu, dan go public pada 2012 serta menjadi IPO perusahaan teknologi terbesar sepanjang masa dengan raupan dana 16 miliar AS.

2. Matt Mullenweg, perintis dan pembangun WordPress. Mullenweg drop out dari University of Houston pada 2004 . Saat berumur 20 tahun, dia mulai mengembangkan mimpi awal WordPress dan dengan cepat mendapatkan banyak tawaran pekerjaan dari perusahaan-perusahaan teknologi .

Matt Mullenweg

Dia memutuskan meninggalkan bangku kuliah untuk bekerja di CNET, sebuah perusahaan di San Francisco, dengan dijanjikan ia bisa terus mengembangkan proyek sampingannya. Dia sukses meninggalkan kuliah dengan menemukan Automattic, perusahaan di balik kesuksesan WordPress . WordPress sendiri mendapat 140 juta kunjungan per tahun dengan jumlah pekerja 140, sementara situs Automattic saat ini memiliki hampir setengah miliar pengunjung.

3. Arash Ferdowsi. Ia adalah pendiri DropBox. Perusahaannya kini bernilai 4 miliar dolar AS. Ferdowsi keluar dari Massachusetts Institute of Technology pada 2007, setelah tiga tahun sempat mengenyam pendidikan di kampus tersebut. Ia meninggalkan sekolah, namun perjuangan kerasnya akhirnya bisa membuatnya sukses membangun DropBox , sebuah startup kecil yang mampu tumbuh cepat menjadi layanan yang digunakan ratusan juta orang.

Saat ini, Ferdowsi menjadi Chief Technology Officer dari perusahaannya dan menjadi multi jutawan pada usia 27.

4. Aaron Levie, penemu perangkat lunak Box.net yang memiliki valuasi IPO mencapai 3 miliar dolar AS. Saat Levie menjadi mahasiswa di University of Southern California, dia memiliki berbagai ide bersama rekannya Dylan Smith. Akhirnya, saat mengikuti sebuah kelas pemasaran, Levie mendapatkan gagasan membuat Box.net , sebuah sistem manajemen konten cloud.

Akhirnya, sebuah email keberuntungan datang dari Mark Cuban yang menawarkan pendanaan 350 ribu dolar AS bagi idenya. Sejak itu Levie dan kawan-kawannya tak terlihat kembali ke kampus karena sibuk mengembangkan idenya. Dan berhasil!

David Karp

5. David Karp, pencipta Tumblr menjadi situs ke-9 -yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat. Karp bukannya putus kuliah, tetapi SMA pun tak tamat.  Namun, Karp sudah meraih posisi manajer produk di UrbanBaby, sebuah forum internet untuk orang tua, saat usianya masih 16 tahun.

Karp keluar dari SMA Bronx pada 2000 dan memutuskan sekolah di rumah pada 2001.
Awalnya, ia mulai Davidville, fondasi pertama dari Tumblr. Situs ini dengan cepat menjadi sukses dan kini merupakan website nomor sembilan di dunia yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat. Karp sendiri memberikan nilai bagi dirinya sekitar 200 juta dolar AS. (Dewira/dbs)

  • Bagikan