Beranda Ekbis Bisnis Lion Air Kembali Layani Penerbangan Rute Domestik pada 10 Juni

Lion Air Kembali Layani Penerbangan Rute Domestik pada 10 Juni

207
BERBAGI
Proses boarding penumpang pesawat Batik Air. Foto: Lion Air Grup
Proses boarding penumpang pesawat Batik Air. Foto: Lion Air Grup

TERASLAMPUNG.COM — Maskapai penerbangan Lion Air Group akan kembali melayani angkutan penumpang reguler rute domestik pada 10 Juni 2020.

Keputusan tersebut didasari oleh hasil evaluasi perseroan yang menunjukkan bahwa penumpang semakin memahami persyaratan perjalanan di masa pandemi Covid-19.

“Kemudian telah terbit Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 7 Tahun 2020 yang mengatur syarat calon penumpang lebih sederhana, yakni hanya membutuhkan bukti tes kesehatan seperti PCR atau Rapid Test dan atau surat keterangan kesehatan,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, Senin, 8 Juni 2020.

Lion Air Group sempat dua kali menghentikan sementara layanannya pada akhir Mei dan awal Juni lalu. Manajemen saat itu menyimpulkan bahwa banyak penumpang belum memahami syarat-syarat yang ditetapkan pemerintah kala akan melakukan perjalanan. Hal itu berdampak terhadap banyaknya jumlah penumpang yang membatalkan tiketnya.

Setelah penerbangan dibuka kembali, Danang mengatakan manajemen bakal mewajibkan calon penumpang mematuhi ketentuan perusahaan. Di antaranya, penumpang harus tiba empat jam lebih awal di terminal keberangkatan.

Untuk penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, maskapai Lion Air Group rute domestik tetap dilayani di Terminal 2E. Sedangkan rute internasional dilayani di Terminal 3. Sementara itu untuk bandara lainnya, layanan maskapai yang berlaku terminal tetap sama seperti sedia kala.

Selanjutnya, penumpang harus menunjukkan kartu identitas atau pengenal, mengenakan masker selama di terminal hingga di dalam pesawat, dan mencuci tangan dengan sabun atau sanitizer. Penumpang juga diwajibkan untuk mengikuti aturan jaga jarak, menjaga kebersihan di dalam pesawat, serta mengikuti petunjuk awak kabin.

Danang menerangkan, mekanisme penjualan tiket akan dilayani melalui kantor pusat dan kantor cabang Lion Air Group di seluruh kota. Tiket pun disediakan di laman resmi Lion Air, aplikasi, layanan kontak pelanggan, hingga mitra agen perjalanan atau OTA.

Dalam penerbangannya nanti, Danang menjamin entitasnya bakal menjalankan protokol kesehatan. “Lion Air Group berharap setiap operasionalnya memenuhi unsur keselamatan dan keamanan dalam upaya tidak menyebabkan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

tempo

Loading...