Beranda News Lampung Listrik di Lampung Aman Hingga Idul Fitri

Listrik di Lampung Aman Hingga Idul Fitri

203
BERBAGI
General Manager PLN Lampung, Irwansyah

TERASLAMPUNG.COM — Kondisi energi listrik di Lampung bahkan surplus selama bulan Ramadan. PLN Lampung tidak berencana melakukan pemeliharaan pembangkit di Lampung hingga Idul Fitri 1437  H. Meski begitu, pemadaman listrik masih terjadi di sejumlah daerah di Lampung.

“Daya mampu pembangkit Lampung dan transfer dari Sumatera Selatan dalam kondisi normal rata-rata sekitar 886,8 MW. Beban puncak tertinggi yang pernah terjadi pada Juni sebesar 837 MW sehingga pada kondisi normal terdapat surplus 49 MW. Beberapa pemadaman yang terjadi  disebabkan adanya gangguan pada jaringan tegangan menengah atau jaringan tegangan rendah yang penormalannya relatif cepat,” kata General Manager PLN Lampung, Irwansyah, dalam acara buka puasa bersama di Hotel Asoka, Bandarlampung, Jumat (1/7).

Irwansyah mengatakan, dibandingkan dengan kondisi sebelumnya cadangan daya yang dimiliki Lampung mengalami peningkatan. Meningkatnya cadangan daya sejalan telah beroperasinya PLTMG Sutam 30 MW dan PLTU Sebalang Unit 1 dan 2 masing – masing 55 MW.

“Kondisi kelistrikan Lampung akan makin handal pada akhir tahun lalu dengan masuknya Mobile Power Plant (MPP) Tarahan 100 MW dan PLTP Ulubelu unit 3 , progress MPP saat ini sudah sekitar 70 persen dan jika sesuai rencana akan dilakukan Commissioning Operation Date (C0D) bulan Oktober 2016. Sedangkan PLTP Ulubelu Unit 3 sudah mulai pelaksanaan pengujian dan direncanakan C0D pertengahan Juli 2016,” katanya.

Dengan tambahan daya tersebut semakin menguatkan sistem kelistrikan di Lampung. Namun, kata Irwansyah, agar pasokan listrik Lampung handal maka perlu ada cadangan minimal sebesar sebesar 30 persen dari beban puncak sebesar 256 MW.

Mas Alina Arifin

Loading...