LKPD 2022 , Pemkot Bandarlampung Peroleh Opini  WdP dari BPK RI

Plt Kepala BPKAD Kota Bandarlampung, M. Ramdhan. Foto: Teraslampung.com/Dandy Ibrahim
Plt Kepala BPKAD Kota Bandarlampung, M. Ramdhan. Foto: Teraslampung.com/Dandy Ibrahim
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Pemkot Bandarlampung Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 mendapat Opini Wajar Dengan Pengecualian (WdP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Lampung dan penyerahannya dillakukan di aula BPK, Senin pagi 23 Mei 2022.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung M. Ramdhan mengatakan pihaknya sudah menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum (PABU).

“Tapi penilaian itu haknya BPK ya kita harus mengikutinya dan memperbaiki apa-apa yang diminta oleh auditor,” katanya di Aula Semergou, Senin 23 Mei 2022.

Opini Wajar Dengan Pengecualian/WDP (Qualified Opinion), adalah opini audit yang diterbitkan jika sebagian besar informasi dalam laporan keuangan bebas dari salah saji material, kecuali untuk rekening atau item tertentu yang menjadi pengecualian.

“Opini ini biasa disebut little adverse (ketidakwajaran yang kecil) untuk menunjukan adanya ketidakwajaran dalam item tertentu. Tapi ketidakwajaran ini tidak mempengaruhi kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan,” jelasnya.

Langkah selanjutnya, kata dia,  BPKAD akan menpelajari seluruh rekomendasi yang diberikan BPK RI atas hasil pemeriksaan LPKAD Kota Bandarlampung tahun 2021.

“Ini akan menjadi dasar kami dlm melakukan perbaikan atas Laporan Keuangan (LK) tahun 2022 nanti. Dengan melakukan perbaikan sesuai rekomendasi BPK RI tersebut diharapkan opini tahun depan bisa WTP kembali,” harap Plt Kepala BPKAD M. Ramdhan.

Dandy Ibrahim