LMC Ajak Para Guru SMA/SMK di Lampung “Ngeblog”

  • Bagikan
Pelatihan Jurnalistik bagi Guru SMA/SMK yang digelar LMC. 

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Lampung Media. Center (LMC)  bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Lampung kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi para Guru SMA/ SMK se-Provinsi Lampung, Kamis – Jumat (4-5 Desember  2014). Pelatihan yang diikuti 51 peserta itu  difokuskan untuk optimalisasi media sosial dan blog di sekolah.

“Kami menghadirkan Budi ‘Bukik” Setiawan, seorang blogger dan aktivis pendidikan dari Yogyakarta, untuk membimbing para guru agar bisa menjadi pembimbing media online di sekolah-sekolah,” kata Dandy Ibrahim, ketua panitia pelatihan.

Menurut Dandy, para peserta tidak hanya dibekali teori yang berkaitan dengan blog dan beberapa jenis media sosial lainnnya, tetapi juga langsung praktik membuat blog dan mengoptimalkan media sosial yang sudah mereka miliki.

Sementara itu, Bukik Setiawan mengungkapkan dunia pendidikan saat ini mengharusnya para guru untuk melek teknologi dan menguasai media baru. Sebagai salah satu media baru, menurut Bukik. fanpage Facebook dan blog bisa dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran di sekolah.

“Selama ini para guru dan siswa di sekolah sebagian besar hanya mengenal ‘tradisi’ unduh (download), padahal proses pembelajaran akan lebih efektif jika yang dikembangkan adalah ‘tradisi’ unggah (upload). Untuk bisa memiliki ‘tradisi’ unggah, maka para siswa dan guru harus memiliki keterampilan menulis,” katanya.

“Tradisi ‘unggah’ akan membuat guru dan siswa lebih kreatif, karena harus memiliki karya, sementara tradisi unduh akan membiasakan guru dan siswa pasif. Bahkan, bisa justru memicu kebiasaan googling dan copy paste. Hal itu tidak baik bagi dunia pendidika,” imbuhnya.

Rama Pandu

  • Bagikan