Beranda News Nasional Lolos dari Hukuman Mati, Dua WNI Pulang ke Tanah Air

Lolos dari Hukuman Mati, Dua WNI Pulang ke Tanah Air

219
BERBAGI
Nurnengsih (Ist/KBRI Arab Saudi)

TERASLAMPUNG.COM — Nurnengsih, warga negara Indonesia (WNI) yang lolos dari hukuman mati di Arab Saudi, akan kembali ke Indonesia. Hal itu diungkapkan Kedubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel melalui pernyataan persnya,Jumat (17/8/2018).

Nurnengsih dijadwalkan tiba di Indonesia hari ini dengan didampingi staf KBRI Muhammad Al-Qarni.

Menurut Dubes RI Agus Maftuh, suami Nurnengsih, Tohirin yang juga lolos dari hukuman mati telah tiba lebih dahulu di Indonesia pada 4 Agustus 2018 lalu.

Kepulangan Nurnengsih yang lebih lama dikarenakan jadwal penerbangan yang sibuk karena musim haji.

Dubes RI Agus Maftuh kembali menegaskan bahwa KBRI Riyadh selalu konsisten memprioritaskan upaya penyelamatan WNI yang terancam hukuman mati di Arab Saudi.

“Hal ini sejalan dengan pesan khusus Presiden Jokowi untuk selalu menghadirkan negara di tengah-tengah WNI di luar negeri” katanya.

Tohirin dan Nurnengsih ditangkap dan ditahan oleh Kepolisian Arab Saudi 28 Desember 2015 setelah majikan mereka, Sanad Al-Zuman melaporkan keduanya ke polisi karena melakukan sihir pada keluarganya.

KBRI Riyadh memberikan pendampingan hukum pada Januari 2016.

Setelah melalui persidangan dan proses banding, kedua pasang suami istri itu dinyatakan bebas dari ancaman hukuman mati.