Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Lomba Gerak Jalan HUT Korpri di Kotabumi Picu Kemacetan

Lomba Gerak Jalan HUT Korpri di Kotabumi Picu Kemacetan

24
BERBAGI

Feaby/Teraslampung.com

KOTABUMI–Perlombaan jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (HUT Korpri) ke-43 tahun 2014 di Lampung Utara (Lampura), Jumat (29/11) membuat macet sejumlah ruas jalan di Kotabumi.

Alhasil, para pengendara kendaraan pada sejumlah ruas jalan yang dilewati mengeluhkan kondisi dimaksud. Pasalnya, kegiatan perlombaan ini dimulai sejak pukul 06:00 WIB yang notabene merupakan saat arus lalu lintas padat.

Andi, salah seorang pengguna jalan mengaku menyesalkan keputusan panitia HUT Korpri Lampura yang kurang jeli dalam memilih waktu perlombaan karena memilih waktu yang terbilang tidak tepat. Akibatnya, arus lalu lintas sempat macet dikarenakan para pengendara kendaraan baik roda empat maupun roda dua harus mendahulukan para peserta lomba jalan sehat dimaksud.

“Jumat pagi itu termasuk hari sibuk karena banyak para wali murid atau siswa yang mau ke sekolah. Harusnya, panitia lomba enggak milih hari Jum’at!” keluhnya.saat terjebak macet dijalan Pahlawan, Kotabumi, Jumat (29/11).

Macetnya arus lalu lintas akibat tumpah ruahnya peserta jalan sehat dijalan, terus dia lagi, sangat mengganggu kenyamanan para pengendara khususnya para siswa dan pekerja yang hendak menunaikan kewajibannya.

“Saya minta acara seperti ini tidak lagi digelar pada hari kerja apalagi pada jam – jam sibuk,” saran dia.

Hal serupa juga diungkapkan Hendri, pengendara kendaraan lainnya yang juga terjebak kemacetan. Menurutnya, kebijakan panitia perlombaan yang memilih hari kerja untuk lomba jalan sehat sangat tidak bijaksana.

“Seharusnya panitia dapat memilih hari libur. Selain tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan tapi juga akan membuat acara itu semakin dipadati peserta.Jumlah pesertanya pun pasti akan lebih ramai lagi,” kata dia.

Sekretaris Korpri, M. Nur mengatakan perlombaan jalan sehat ini termasuk salah satu rangkaian dalam peringatan HUT ke-43 Korpri. Pihaknya sengaja memilih hari Jumat untuk perlombaan jalan sehat. Sebab, Jumat merupakan Hari Olahraga.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di sejumlah ruas jalan yang dilalui peserta seperti jalan Pahlawan, dan jalan Jenderal Sudirman, ia mengaku telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Kami memang sengaja memilih hari ini dan kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian,”ujarnya.