Beranda Pendidikan Lomba Mendongeng Tingkat SD Diikuti 39 Peserta

Lomba Mendongeng Tingkat SD Diikuti 39 Peserta

449
BERBAGI

Isbedy Stiawan ZS/Teraslampung.com

Lomba mendongeng di Aula Kantor Bahasa Provinsi Lampung. (teraslampung/isbedy stiawan zs)

Bandarlampung—Kantor Bahasa Provinsi Lampung (KBPL) menggelar Lomba Mendongeng Tingkat SD, Selasa (15/4) mulai pukul 09.00 pagi. Lomba ini diikuti 39 peserta untuk memerebutkan juara I, II, III, dan harapan I hingga III.

Menurut Kepala KBPL Muhammad Muis, selain Lomba Mendongeng Tingkat SD yang dilaksanakan hari ini, kemarin sudah dilangsungkan Lomba Mendongeng untuk guru TK/PAUD yang diikuti 36 peserta.

“Ada 11 tangkai lomba seni tahun ini dilaksanakan oleh Kantor Bahasa,” kata Muis di sela-sela lomba, Selasa (15/4).

Dikatakan Muis, tujuan digelarnya lomba ini antara lain meningkatkan apresiasi sastra di kalangan siswa SD, khususnya ihwal mendongeng. Selain itu meningkatkan kecintaan siswa SD terhadap sastra, meningkatkan tali silaturahmi antara anak SD, serta meningkatkan keberanian siswa untuk tampil di depan publik.

“Sasaran kami memang siswa SD, karena peletakan minat dimulai dari anak-anak,” imbuh Muis.

Ditambahkan Muis, KBPL juga melaksanakan lomba tentang kebahasaan dan kesastraan. Seperti Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SLTA Se-Provinsi Lampung pada 5 April 2014. Pemenang pertama diraih SMAN 1 Pringsewu, Kabupaten Pringsewu.

Selanjutnya pemenang lomba mendongeng bagi guru TK/PAUD. yaitu pemenang I: Rini Septiana dari PAUD Bhayangkari (Lampung Tengah), pemenang II: Purwanto (TK. Kartika II. 26 Bandarlampung), pemenang III: Suci Novianti (TK Insan Kamil, Lampung Tengah).

Untuk pemenang IV: Ivonne (TK Xavirius, Bandarlampung), pemenang V: Sri Maryani (TK Eka Darma, Natar, Lampung Selatan), dan pemenang VI: Rulianto (TK Kartika II. 27, Bandarlampung).

Kantor Bahasa Provinsi Lampung juga mengadakan Lomba Cerdas Cermat SLTA, Lomba Baca Puisi SLTA, Lomba Berbalas Pantun, Lomba Mengajar Tingkat Guru SD, Lomba Pidato, Lomba Dendang Syair, Lomba Pewara bagi Instansi/Lembaga, dan Lomba Cerita Rakyat bagi Guru SD se-Lampung yang akan dilangsungkan 30 April mendatang.

Di samping perlombaan, KPBL juga melakukan pembinaan bahasa dan sastra yaitu Bengkel Sastra untuk siswa SLTA yang didadakan tiga kabupaten dan kota di Provinsi Lampung, Pelatihan Peniulisan Kreatif bagi Guru, Penyuluhan Bahasa Indonesia, dan Sosialisasi UU No. 24 Tahun 2009, Sosialisasi UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia).

Loading...