Beranda Seni Sastra Lomba Menulis Cerpen “The Young Writers Award 2014”

Lomba Menulis Cerpen “The Young Writers Award 2014”

241
BERBAGI

JAKARTA – Tahun ini SEA Write Award Organizing Committee berkolaborasi dengan Bangkok Metropolitan Administration dan Mahidol University di Thailand menyelenggarakan The ASEAN Young Writers Award, yaitu penghargaan sastra untuk para penulis muda negara-negara Asia Tenggara.

Tujuan penghargaan ini adalah mempromosikan generasi penulis baru di dunia sastra, menguatkan ikatan budaya bangsa-bangsa Asia Tenggara dan menumbuhkan kecintaan terhadap membaca dan menulis di kalangan anak-anak mudanya.

Selain itu, penghargaan ini untuk memperingati 35 tahun SEA Write Award, penghargaan bagi para penulis Asia Tenggara dan juga terpilihnya Bangkok sebagai “13th World Book Capital” oleh the World Book Capital Selection Committee dan UNESCO. The ASEAN Young Writers Award akan diselenggarakan setiap tahun untuk menciptakan generasi baru para penulis sekaligus mempererat jejaring sastra di kawasan Asia Tenggara.

Persyaratan bagi peserta:

1.Berusia 15 sampai 24 tahun
2.Berasal dari negara-negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN): Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Burma, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.
3.Mengirim karya berupa sebuah cerita pendek (tidak lebih dari 3.000 kata), yang ditulis dalam bahasa masing-masing negara dan/atau dalam Bahasa Inggris.
4. Karya yang dikirim adalah karya sendiri, bukan karya terjemahan atau adaptasi dari karya lain. Apabila karya tersebut merupakan hasil menjiplak karya lain, peserta akan dibatalkan keikutsertaannya.
5.Karya yang dikirim belum pernah diikutsertakan atau memenangkan lomba menulis lainnya.

Jadwal pengiriman karya hingga upacara penghargaan:

1.Pengiriman karya: 1 Mei 2014 – 30 Juni 2014
2.Masa penjurian: 1 Juli 2014 -31 Juli 2014
3.Kunjungan ke Bangkok dan upacara penghargaan ASEAN Young Writers: pertengahan Agustus 2014

Hadiah:

1.Plakat atau tropi yang akan diserahkan di Bangkok
2.Uang sebesar masing-masing US$1.000 untuk dua pemenang dari masing-masing negara.
3.Dua pemenang dari masing-masing negara akan pergi ke Bangkok dan dibiayai sepenuhnya oleh penyelenggara penghargaan ini untuk menghadiri upacara penyerahan penghargaan dan mewakili negaranya masing-masing dalam acara-acara yang diselenggarakan penghargaan ini. Penginapan, makan-minum dan transportasi selama di Bangkok akan ditanggung pihak penyelenggara. Para pemenang dari Thailand juga akan melakukan kunjungan persahabatan ke sekretariat ASEAN di Jakarta, Indonesia.
4.Karya-karya para pemenang akan diterbitkan dan dipromosikan melalui berbagai media.

Waktu pengiriman dan persyaratan karya:

1.Dikirim antara tanggal 1 Mei 2014 sampai 30 Juni 2014.
2.Tidak lebih dari 3.000 kata atau tidak lebih dari 10 halaman A4, ditulis dalam huruf Cordia New 16pt
3. Judul karya diletakkan di atas halaman pertama dan ditulis dengan huruf tebal.
4. Setiap karya harus mencantumkan nama asli, bukan nama samaran penulis. Usia, kelas atau tingkat di sekolah atau universitas, alamat surat, alamat email, dan nomor telepon penulis dicantumkan di bawah halaman terakhir karya Anda. Panitia tidak akan mengembalikan karya yang dikirim.
5. Karya, formulir peserta, dokumen-dokumen lain (scan dari paspor atau KTP atau akta kelahiran) dapat dikirim ke alamat email panitia ASEAN Young Writers Award 2014 di Indonesia: aseanyoungwritersindonesia@gmail.com.
6.Penghargaan ini mempunyai hak untuk menerbitkan dan mempromosikan karya-karya yang telah dikirim
7.Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Catatan: formulir peserta dapat diperoleh www.aseanyoungwriters.com dan
www.facebook.com/pages/aseanyoungwritersaward

*Apabila Anda mengalami kesulitan mengakses formulir peserta pada situs www.aseanyoungwriters.com atau pada www.facebook.com/pages/aseanyoungwritersaward, Anda juga dapat mengirimkan biodata Anda untuk melengkapi persyaratan keikutsertaan Anda.

Selamat berkarya.

Hormat kami,

Linda Christanty
(koordinator untuk Indonesia)